Pentingkah Asuransi Kesehatan Swasta? Pelajari di Sini!

KESEHATAN, malangpost.id – Musibah berupa penyakit atau kecelakaan bisa terjadi kapan saja. Tidak ada yang tahu kapan datangnya musibah tersebut. Karenanya, melindungi diri dengan asuransi kesehatan merupakan hal penting. Perlindungan diri seperti asuransi kesehatan swasta bisa melindungi diri dari berabgai macam risiko penyakit hingga kecelakaan.

Terutama, di masa pandemi Covid-19 ini yang membuat hampir semua orang mengalami ketidakpastian akan kondisi kesehatannya. Hal ini tidak hanya terjadi di Indonesia, namun juga di seluruh dunia. Virus Corona telah menyerang siapa saja di berbagai negara. Bahkan, ada beberapa kelompok yang lebih rentan terhadap penyakit ini.

Manfaat asuransi kesehatan

Tidak hanya bermanfaat bagi mereka yang berusia lanjut, asuransi kesehatan juga bermanfaat bagi mereka yang berusia muda. Asuransi kesehatan menjamin biaya rawat inap, operasi, pengobatan penyakit kritis, serta penanganan kecelakaan yang tidak terduga. Bahkan, ada beberapa asuransi kesehatan yang juga menjamin biaya pemeriksaan kehamilan dan persalinan, serta imunisasi untuk bayi dan anak-anak.

Seperti diketahui, biaya pelayanan kesehatan saat ini terbilang mahal. Karenanya, memiliki asuransi kesehatan dari swasta bisa menjadi salah satu pertimbangan utama karena memberikan manfaat saat hal-hal tak terduga terjadi.

Alasan pentingnya asuransi kesehatan swasta

Hampir semua orang sudah memiliki asuransi kesehatan Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS). Lalu, apakah masih memerlukan asuransi kesehatan dari pihak swasta?

Mungkin sebagian orang menanyakan hal tersebut. Memang, dengan asuransi kesehatan BPJS anggotanya bisa mendapatkan pelayanan kesehatan. Namun, secara umum fasilitas yang didapatkan mungkin tidak sebaik asuransi kesehatan swasta.

Baca juga: Latihan Kekuatan dan Peregangan yang Bisa Dilakukan di Rumah untuk Orang Dewasa

Ini dia beberapa alasan perlunya asuransi kesehatan dari pihak swasta

Lebih efisien

Salah satu kelebihan asuransi kesehatan selain BPJS adalah tidak perlunya proses rujukan yang berjenjang dan terkadang rumit serta memakan waktu. Dengan asuransi swasta, pasien bisa langsung datang ke rumah sakit sesuai keinginan. Tidak hanya efisien, namun juga tidak merepotkan pasien dan orang-orang terdekat.

Bahkan, jika memiliki asuransi kesehatan dengan fitur cashless, pasien bisa mendapatkan layanan kesehatan dengan cepat dan mudah.

Pelayanan kesehatan lebih baik 

Dengan asuransi kesehatan, seseorang bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak ketika terjadi risiko kesehatan. Umumnya, asuransi kesehatan dari pihak swasta berlaku di rumah sakit yang mampu memberikan pelayanan kedokteran spesialis. Pasien bisa memilih rumah sakit dari berbagai tipe, C, B, atau A selama bekerja sama dengan perusahan asuransi tersebut.

Baca juga: Kurang Istirahat? Cek Tips untuk Tidur Berkualitas di Sini!

Dapat digunakan di luar kota dan luar negeri

Asuransi swasta bisa digunakan di rumah sakit atau klinik yang terdaftar atau rekanan perusahaan asuransi di luar domisili. Jadi, pasien hanya tinggal datang dan mendaftarkan diri ke fasilitas kesehatan terdekat. Bahkan, beberapa asuransi swasta bisa digunakan di luar negeri sebagai tambahan perlindungan diri.

Bisa memilih kamar VIP

Berbeda dengan BPJS Kesehatan, pemilik asuransi kesehatan dari swasta bisa memilih fasilitas kamar VIP. Kelas VIP memberikan kenyamanan yang diharapkan dapat membantu mempercepat masa penyembuhan/pemulihan pasien.

Perlukah memiliki asuransi kesehatan swasta?

Kebutuhan akan kesehatan menjadi semakin tinggi seiring bertambahnya usia. Anda bisa memilih BPJS Kesehatan atau asuransi kesehatan dari pihak swasta untuk memberikan rasa aman. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Karenanya, memilih salah satu atau keduanya tergantung pada kebutuhan masing-masing. Jangan lupa, sesuaikan juga dengan kemampuan finansial. Semoga sehat selalu!

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

desi3

About the Author: desi3

Seorang 'bibiliophile' yang jatuh cinta dengan Himalaya dan fans berat warna biru. ~ travel to fulfill your soul ~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *