Anak Alergi Susu Sapi? Ini Tips Menjaga Asupan Nutrisinya

TIPS dan TRIK, malangpost.id – Alergi susu sapi adalah salah satu jenis alergi makanan yang paling umum terjadi pada anak-anak. Gejala pada anak akibat alergi susu sapi biasanya berkisar pada pencernaan dan reaksi kulit. Anak alergi susu sapi mungkin akan sering muntah, meludah, ruam merah di kulit, bahkan gangguan napas dan pencernaan.

Alergi susu sapi pada anak mungkin timbul setelah mengkonsumsi produk susu sapi dan produk olahannya, seperti keju, mentega, dan yoghurt. Dua kandungan utama pada protein susu, yaitu kasein dan whey biasanya menjadi penyebab alergi susu.

Gejala alergi susu sapi yang tidak ditangani dengan baik bisa mempengaruhi tumbuh kembang si kecil.

Karenanya, penting bagi orang tua untuk memonitor pola asupan makanan agar kebutuhan nutrisi anak tetap terpenuhi meskipun memiliki alergi susu sapi. Berikut beberapa tips untuk menjaga asupan nutrisi si kecil tetap terpenuhi.

Baca juga: Ini Manfaat Mengajarkan Anak Mencintai Buku Sejak Dini

1. Hindari produk susu sapi dan produk turunan

Alergi terhadap susu biasanya alergi terhadap semua makanan dan produk olahannya. Karenanya, orang tua harus menghindari produk berupa susu sapi dan turunannya, seperti roti, keju, dan butter. Untuk ibu menyusui, sebaiknya menghindari makanan tersebut.

2. Konsumsi formula khusus

Susu sapi mengandung protein, lemak, vitamin, fosfor, dan terutama kalsium yang dibutuhkan untuk menguatkan tulang. Untuk menghindari si kecil kekurangan zat-zat gizi tersebut, anak bisa diberikan formula khusus yang dibuat untuk anak yang memiliki alergi susu sapi. Misalnya, formula isolat kedelai, formula asam amino, atau formula hidrolisat ekstensif. Masing-masing formula memiliki indikasi, keunggulan, dan kekurangannya. Karenanya, konsultasikan dengan dokter untuk memilih formula yang tepat bagi anak.

Jaga dan penuhi asupan nutrisi

Anak yang alergi susu sapi harus menghindari semua makanan dan minuman yang mengandung susu sapi dan produk turunannya. Sehingga, pilihan makanan untuk anak menjadi lebih terbatas. Namun, orang tua harus tetap menjaga dan memenuhi asupan nutrisi yang seimbang. Berikan lebih banyak makanan yang mengandung vitamin dan mineral, seperti sayur dan buah-buahan. Juga, ayam, makanan laut, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

Baca juga: Ini Kelebihan dan Kekurangan Memasukkan Anak ke Sekolah Alam

Ajak si kecil berjemur dan aktivitas fisik setiap pagi

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin D, Anda bisa mengajak si kecil untuk berjemur setiap pagi. Tak perlu berlama-lama, cukup sekitar 10-15 menit saja. Vitamin D penting untuk penyerapan kalsium dan mencegah alergi pada si kecil. Sempatkan juga untuk melakukan aktivitas fisik untuk menjaga kesehatan dan kebugaran si kecil.

Itu tadi beberapa tips yang bisa diterapkan untuk anak dengan alergi susu sapi. Dengan memenuhi asupan nutrisi yang seimbang dan aktivitas fisik bisa membantu tumbuh kembang si kecil dengan baik. Jadi, terus semangat!

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

desi3

About the Author: desi3

Seorang 'bibiliophile' yang jatuh cinta dengan Himalaya dan fans berat warna biru. ~ travel to fulfill your soul ~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *