7 Keahlian Ini Paling Banyak Dicari Oleh Startup Lho!

KARIER, malangpost.id – Belakangan ini, banyak fresh graduate di Indonesia yang memilih bekerja di bidang perusahaan teknologi atau startup. Startup adalah perusahaan baru yang didirikan dan berada dalam fase pengembangan atau penelitian untuk menemukan target pasar yang sesuai.

Untuk bekerja di perusahaan startup, dibutuhkan berbagai macam keahlian, terutama yang berkaitan dengan teknologi.

Apa sajakah keahlian atau skill yang banyak dibutuhkan oleh perusahaan startup? Berikut beberapa diantaranya.

Digital marketing

Kemajuan dan perkembangan teknologi membuat semua kegiatan bisa dilakukan secara digital, termasuk marketing. Digital marketing dibutuhkan oleh perusahaan startup untuk mengiklankan produk atau layanan mereka dalam proses akuisisi pelanggan. Untuk menjadi seorang digital marketer, setidaknya perlu memiliki beberapa keahlian, mulai dari pemahaman tools iklan, analisa pasar, statistik, hingga SEO.

Baca juga: Digital Marketing, Pekerjaan yang Lagi Hits Zaman Now!

Product Manager

Ini dia salah satu posisi yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan startup, product manager. Bisa dibilang, ini adalah posisi layaknya CEO mini dalam produk yang mereka buat. Posisi ini menjadi otak atau pelaksana berbagai macam produk perusahaan startup, terutama produk teknologi. Seorang product manager minimal perlu memiliki keahlian seperti coding, memiliki jiwa kepemimpinan, dan kemampuan analisis.

Data analyst

Penting bagi perusahaan startup untuk memiliki karyawan dengan keahlian menganalisis data. Data diperlukan untuk menentukan target pasar yang dibidik oleh perusahaan startup tersebut. Seorang analisis data bertugas ini mengumpulkan data yang terdiri dari angka penjualan, logistik, riset pasar, dan biaya transportasi.

Seorang data analyst setidaknya harus menguasai penggunaan software seperti SPSS, Microsoft Excel, dan SAS. Ada juga beberapa keahlian yang harus dikuasai, seperti pengetahuan dasar statistika, kemampuan dalam kalkulus dan aljabar, dan kemampuan software engineering.

Programmer

Meskipun programmer bukan profesi baru, namun kemampuan programming semakin dibutuhkan saat ini. Seorang programmer kini dituntut untuk mampu menguasai platform baru, khususnya untuk aplikasi mobile. Selain programmer, IT Security juga jadi posisi yang banyak dicari oleh perusahaan.

Graphic dan multimedia designer

Perusahaan startup tak hanya membutuhkan posisi yang berkutat dengan angka dan juga programming. Graphic dan multimedia designer juga banyak dibutuhkan oleh perusahaan startup. Umumnya designer memiliki tugas di bagian User Interface untuk membuat materi desain. Hal ini diperlukan untuk mewujudkan komunikasi verbal menjadi komunikasi visual agar pesan bisa diterima dengan mudah dan baik oleh para konsumen.

Software engineer

Keahlian seorang software engineer juga banyak dicari oleh perusahaan startup. Hal ini karena perusahaan startup banyak bergerak di bidang teknologi. Software engineer setidaknya harus menguasai beberapa keahlian teknis, diantaranya bahasa pemrograman seperti JAVA, Python, dan lainnya. Selain itu, posisi ini juga perlu menguasai software testing, algoritma, dan penguasaan database.

Sales

Bisa dikatakan, perusahaan startup sangat membutuhkan keahlian di bidang sales. Perusahaan startup yang memiliki produk dan layanan perlu menjual kepada konsumen. Bagian penjualan bertugas mendapatkan pemasukan untuk menjual produk mereka. Karenanya, perusahaan startup sangat memerlukan kemampuan orang sales yang hebat dalam bernegosiasi, persuasif,  mampu menjangkau semua kalangan, serta menjaga hubungan dengan pihak lain.

Itu tadi 7 keahlian yang diperlukan perusahaan startup. Mulai dari keahlian yang berkaitan dengan pemrograman, desain, hingga penjualan.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

desi3

About the Author: desi3

Seorang 'bibiliophile' yang jatuh cinta dengan Himalaya dan fans berat warna biru.~ travel to fulfill your soul ~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kunjungi Alamat Baru Kami

This will close in 0 seconds