Bisnis Perhiasaan Imitasi Saat Pandemi, Raup Ratusan Juta!

WIRABISNIS, malangpost.id – Seperti Anda ketahui, perhiasan merupakan aksesoris yang banyak diminati, tidak hanya wanita, namun juga pria. Terutama bagi mereka yang ingin selalu tampil stylish dan fashionable. Namun, perhiasan asli yang terbuat dari emas cenderung mahal dan tak semua orang bisa mendapatkannya. Karenanya, perhiasan imitasi menjadi solusi bagi para pecinta fashion untuk menunjang penampilan tanpa harus mengeluarkan uang banyak.

Selain lebih terjangkau, perhiasan imitasi kebanyakan memiliki bentuk dan hiasan warna yang lebih menarik dibandingkan dengan emas. Saat ini, permintaan untuk perhiasan imitasi cukup besar dan usaha yang satu ini memiliki peluang besar untuk meraup keuntungan.

Tentu saja, Anda perlu mengetahui beberapa hal sebelum memulai bisnis perhiasan imitasi. Berikut beberapa diantaranya yang perlu diketahui

Peluang usaha dan pangsa pasar

Umumnya perhiasan imitasi terbuat dari bahan dasar kuningan. Banyak dari pembeli yang memilih perhiasan ini berdasarkan pertimbangan digunakan sebagai aksesoris semata. Karenanya, kebanyak dari pembeli tidak memedulikan bahan yang digunakan.

Nyatanya, perhiasan imitasi memang banyak dicari pembeli. Sedangkan untuk pangsa pasarnya sendiri sangat luas, mulai dari wanita dan pria dari berbagai usia. Anda tentunya pernah melihat perhiasan imitasi banyak ditawarkan di mall, outlet-outlet, hingga di pinggir jalan raya. Jadi, tak ada salahnya jika Anda mencoba usaha yang satu ini.

Analisis modal usaha

Sebelum memulai bisnis perhiasan imitasi, sebaiknya Anda memiliki gambaran dan perhitungan tentang modal yang dibutuhkan. Sehingga Anda bisa membuat perhitungan secara matang. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menganalisa kebutuhan modal diantaranya adalah modal awal yang dibutuhkan, biaya operasional, dan waktu yang dibutuhkan untuk balik modal.

Strategi pemasaran

Dengan pangsa pasar yang luas, bisnis perhiasan imitasi cukup menggiurkan asalkan Anda mengetahui dan memahami strategi pemasaran yang tepat. Promosi yang tepat sasaran bisa meningkatkan penjualan.

Ada beberapa cara pemasaran yang bisa dilakukan, diantaranya:

Memilih lokasi yang tepat

Jika Anda memutuskan untuk membuka outlet secara fisik, pastikan untuk mencari lokasi yang strategis. Outlet sebaiknya berada di tempat yang ramai dan mudah dikunjungi oleh pengunjung. Sehingga peluang untuk mendapatkan pelanggan lebih besar.

Penjualan online

Salah satu cara paling mudah untuk menjangkau target pelanggan adalah menawarkan produk dalam e-commerce. Cara ini hanya membutuhkan biaya relatif kecil namun menjangkau calon pelanggan lebih luas. Kuncinya adalah menampilkan produk yang menarik, seperti dari foto, detail, dan informasi penting lainnya.

Bermitra dengan pihak lain

Selain itu, Anda juga bisa melakukan kerjasama dengan toko kerajinan, butik, dan toko hadiah. Anda bisa bekerja sama untuk menawarkan produk dan melakukan pembagian hasil penjualan. Meskipun tidak banyak yang bersedia dengan cara ini, tak ada salahnya Anda mencobanya.

Gunakan media sosial

Media sosial bisa menjadi salah satu alternatif terbaik menawarkan produk perhiasan imitasi. Anda bisa membuat akun media sosial yang menarik perhatian. Selain itu, buat konten sekreatif mungkin dengan menampikan foto, video, dan lainnya.

Itu tadi hal-hal yang perlu diketahui jika ingin terjun ke bisnis perhiasan imitasi. Selain analisa peluang dan pangsa pasar, perlu diperhatikan juga perhitungan modal. Tentunya, strategi pemasaran yang jitu agar bisa meraih keuntungan besar.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

desi3

About the Author: desi3

Seorang 'bibiliophile' yang jatuh cinta dengan Himalaya dan fans berat warna biru. ~ travel to fulfill your soul ~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *