5 Kandungan Pelembab Penting yang Paling Banyak Ada di Skincare

Kenali kandungan skincare yang mengandung pelembab dalam produk perawatan wajah

KECANTIKAN, malangpost.id – Bicara tentang pelembab wajah, pilihannya sepertinya tidak ada habisnya. Apotek dan department store kelas atas dipenuhi dengan krim, pelembab, serum, dan banyak lagi. Semuanya menjanjikan segalanya, mulai dari kulit yang tampak lebih muda hingga kulit yang bebas noda.

Tapi apa yang membuat satu pelembab berbeda dari yang lain? Semuanya bermuara pada bahan-bahannya. Dikemas dengan sejumlah zat (dan pengawet dan aditif), tidak semua pelembab diciptakan sama. Banyak orang yang jarang mengecek label bahan pada produk kecantikannya. Dan tidak heran— membaca daftar bahan produk kecantikan favorit bisa sangat membingungkan.

Namun, memilih skincare yang paling mahal bukanlah pilihan terbaik. Mereka mungkin hanya mengandung bahan-bahan yang sulit didapat, tetapi tidak efektif. Untuk membantumu, berikut lima bahan teratas yang harus kamu cari dalam skincare.

1. Ceramide

Ceramide adalah lemak yang secara alami ditemukan di lapisan luar kulit, dan merupakan komponen utama dari struktur kulit. Untuk alasan ini, mereka sangat penting untuk menjaga kelembaban alami kulit.

Penelitian telah menghubungkan kulit kering dan rusak dengan kadar ceramide yang rendah. Selain menyebabkan kulit kering dan bersisik, kekurangan ceramide membuat kulit lebih rentan terhadap faktor lingkungan seperti kotoran, polusi, dan iritan lainnya.

2. Aloe vera (lidah buaya)

Aloe vera merupakan salah satu kandungan pelembab yang sudah digunakan sejak dulu. Lidah buaya kaya akan antioksidan polifenol, vitamin, mineral, serta enzim yang bisa menjaga kelembaban serta kekenyalan kulit secara alami.

3. Hyaluronic acid

Asam hialuronat telah mendapatkan banyak perhatian di dunia kecantikan akhir-akhir ini. Karena kemampuannya untuk mengencangkan dan melembutkan kulit, kandungan ini telah muncul di pelembab dan serum selama beberapa tahun terakhir. Asam hialuronat adalah kandungan yang menghidrasi dengan menarik air ke lapisan luar dari dalam kulit. Bahkan, dikatakan dapat menahan hingga 1.000 kali beratnya di dalam air. Hasilnya, kandungan ini membuat kulit tampak lebih kenyal dan terasa lebih lembut dan halus.

4. Centella asiatica 

Centella asiatica atau biasa dikenal dengan nama daun pegagan kini sedang ngetren di Indonesia. Biasa disingkat menjadi cica, kandungan yang ada dalam daun ini bermanfaat untuk untuk menjaga kelembapan serta elastisitas kulit dengan meningkatkan kadar sebum alaminya. Selain itu, terdapat juga saponin yang bisa menahan air di lapisan kulit lebih lama.

5. Gliserin

Juga dikenal sebagai gliserol, gliserin adalah kandungan yang bekerja mirip dengan asam hialuronat. Terdiri dari lemak dan gula, gliserin adalah lipid dengan rasa manis yang sebenarnya ditemukan di semua lemak. Gliserin mudah menyerap dan menahan air, menjaga kulit tetap lembut dan terhidrasi. Ini menarik air dari lingkungan dan dari lapisan bawah kulit (alias, dermis) menambahkan kelembaban ke lapisan permukaan kulit (epidermis). Kandungan ini yang membantu mencegah kekeringan dan pengelupasan.

Nah itu tadi 5 kandungan pelembap yang paling banyak ditemukan dalam produk skincare.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

desi3

About the Author: desi3

Seorang 'bibiliophile' yang jatuh cinta dengan Himalaya dan fans berat warna biru. ~ travel to fulfill your soul ~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *