Tips dan Trik Melunasi KPR Secepat Kilat!

TIPS dan TRIK, malangpost.id – Membeli rumah dengan cara mengambil Kredit Pemilikan Rumah atau KPR tentu merupakan komitmen besar dan panjang. Tentu saja, bisa melunasi KPR dengan cepat akan menyenangkan. Anda bisa menyiasati agar pembayaran KPR menjadi cepat dengan beberapa tips melunasi KPR yang bisa diterapkan.

Salah satunya dengan menggunakan dana segar seperti bonus untuk mempercepat pelunasan sebagian utang KPR. Hal ini bisa membantu pokok utang berkurang dan memperkecil cicilan angsuran.

Berikut tips dan trik melunasi KPR secepat kilat yang bisa dicoba.

1. Mengurangi pokok utang KPR

Cara pertama yang bisa digunakan untuk mempercepat pelunasan KPR adalah dengan mengurangi sisa pokok utang. Anda bisa mencobanya dengan menambah simpanan atau tabungan lebih banyak.

Sebagai contoh, jika memiliki penghasilan Rp10 juta per bulan dan Rp3 juta digunakan untuk cicilan KPR. Sisanya Rp7 juta untuk biaya hidup per bulan. Anda bisa mengubahnya menjadi cicilan Rp5 juta perbulan dan biaya hidup Rp5 juta. Dengan melakukan ini secara rutin, maka cicilan KPR akan lebih cepat lunas.

2. Ketahui dan pelajari suku bunga cicilan KPR

Tips berikutnya untuk melunasi KPR dengan cepat terkait dengan suku bunga. Cobalah ketahui dan pelajari jenis suku bunga KPR yang ada. Dua jenis tersebut adalah suku bunga tetap (fix) yang nilainya tetap selama masa KPR berjalan. Yang kedua adalah suku bunga mengambang (floating), yaitu nilai suku bunga yang berubah-ubah sesuai aturan bunga dari Bank Indonesia. Sebaiknya Anda mencari produk KPR dari bank yang memberikan bunga rendah dan tetap untuk periode yang panjang.

Baca juga: Pertimbangkan Hal-hal Berikut Sebelum Memutuskan untuk Membeli Rumah Secara KPR

3. Pindah KPR ke Bank Syariah

Selain dua hal di atas, Anda juga bisa melunasi KPR dengan cara pindah atau take over ke Bank Syariah. Dengan cara ini, Anda bisa mendapatkan nominal angsuran bulanan menjadi tetap dan bahkan lebih ringan. Hal ini memungkinkan karena bank syariah menerapkan sistem murabahah atau jual beli. Dengan menghitung ulang komposisi untuk meringankan angsuran, pelunasan KPR Anda juga bisa lebih cepat.

4. Kombinasi mengurangi pokok dan take over ke bank syariah

Anda bisa mempercepat pelunasan KPR dengan kombinasi mengurangi pokok utang dan take over KPR ke bank syariah. Cara ini bisa membuat angsuran menjadi lebih ringan, masa kredit lebih cepat, dan beban bunga lebih kecil.

Itu tadi beberap tips agar cicilan KPR bisa lunas lebih cepat yang perlu Anda ketahui. Jadi, Anda tak perlu takut untuk membeli rumah idaman dengan cara KPR. Anda bisa menerapkan tips tersebut agar cicilan rumah lebih cepat lunas.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

desi3

About the Author: desi3

Seorang 'bibiliophile' yang jatuh cinta dengan Himalaya dan fans berat warna biru.~ travel to fulfill your soul ~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kunjungi Alamat Baru Kami

This will close in 0 seconds