7 Makanan Ini Dipercaya Meningkatkan Produksi Kolagen dalam Tubuh

KESEHATAN, malangpost.id – Makanan memiliki peran yang besar dalam penampilan dan keremajaan kulit. Dan semuanya berasal dari kolagen. Kolagen adalah protein yang memberi kulit struktur, kekenyalan, dan peregangan. Namun, seiring bertambahnya usia, tubuh menghasilkan lebih sedikit kolagen di kulit setiap tahun. Karenanya, kulit cenderung keriput dan menipis yang kita menyebutnya semakin tua.

Anda bisa menemukan banyak suplemen kolagen yang mengklaim dapat meningkatkan kadar kolagen dan membuat kulit tetap kencang. Namun, mempertimbangkan makanan lebih dahulu lebih baik untuk membentuk kolagen dalam kulit. Nutrisi dalam beberapa makanan dipercaya lebih unggul dibandingkan suplemen untuk meningkatkan kesehatan kulit. Selain itu, makanan yang kaya akan kolagen juga bisa membantu menciptakan bahan penyusun (asam amino) yang dibutuhkan untuk kulit.

Ini dia beberapa makanan yang dipercaya bisa meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh.

1. Ayam

Ada alasan mengapa banyak suplemen kolagen yang berasal dari ayam. Ayam dengan daging putih merupakan favorit semua orang dan mengandung banyak bahan. Jaringan dalam tubuh ayam membuatnya menjadi sumber yang kaya akan kolagen makanan. Bahkan, beberapa penelitian telah menggunakan leher ayam dan tulang rawan sebagai sumber kolagen untuk pengobatan radang sendi.

Baca juga: Cukupi Kebutuhan Zat Besi Anda, Jika Tidak Ingin Mengalami Anemia Berat!

iklan-dinas-kominfo

2. Kaldu tulang

Kaldu tulang sejauh ini merupakan salah satu makanan paling populer yang dipercaya bisa meningkatkan kolagen. Dibuat dengan merebus tulang hewan dalam air, proses ini dipercaya dapat mengekstrak kolagen. Saat membuat ini di rumah, bumbui kaldu dengan untuk menambah rasa. Terbuat dari rebusan tulang dan jaringan ikat, kaldu mengandung kalsium, magnesium, fosfor, kolagen, glukosamin, kondroitin, asam amino, dan banyak nutrisi lainnya.

3. Buah-buahan

Vitamin C memainkan peran utama dalam produksi pro-kolagen, prekursor tubuh untuk kolagen. Oleh karena itu, mendapatkan cukup vitamin C sangat penting. Beberapa buah-buahan, seperti jeruk dan berry kaya akan nutrisi ini. Berry mengandung vitamin C yang lebih banyak dibandingkan jeruk. Selain itu, berry juga mengandung antioksidan tinggi, yang melindungi kulit dari kerusakan.

Masukkan juga daftar buah-buahan tropis yang kaya vitamin C seperti mangga, kiwi, nanas, dan jambu biji ke dalam pola makan Anda. Jambu biji juga menawarkan sejumlah kecil seng, co-faktor lain untuk produksi kolagen.

4. Sayuran hijau

Kita semua tahu sayuran hijau adalah pemain kunci dalam diet sehat. Ternyata, mereka juga menawarkan manfaat estetika. Bayam, kangkung, dan sayuran salad lainnya mendapatkan warnanya dari klorofil, yang dikenal karena sifat antioksidannya. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi klorofil meningkatkan prekursor kolagen di kulit.

5. Kacang-kacangan

Kacang adalah makanan berprotein tinggi yang sering mengandung asam amino yang diperlukan untuk sintesis kolagen. Plus, banyak dari mereka kaya akan tembaga, nutrisi lain yang diperlukan untuk produksi kolagen. Anda bisa menjadikan segenggam kacang mete sebagai camilan. Kacang mete mengandung seng dan tembaga, yang keduanya meningkatkan kemampuan tubuh untuk membuat kolagen.

Baca juga: Ini 5 Jenis Diet Populer Serta Kelebihan dan Kekurangannya

6. Tomat dan paprika

Sumber vitamin C tersembunyi lainnya ada dalam satu tomat berukuran sedang yang dapat menyediakan hampir 30 persen nutrisi penting ini untuk kolagen. Tomat juga mengandung likopen dalam jumlah besar, antioksidan kuat untuk dukungan kulit. Selain itu, Anda bisa menambahkan paprika ke dalam menu harian.  Sayuran tinggi vitamin C ini mengandung capsaicin, senyawa anti-inflamasi yang dapat memerangi tanda-tanda penuaan.

7. Bawang putih

Selain sebagai penambah rasa pada masakan, bawang putih bisa meningkatkan produksi kolagen juga. Bawang putih mengandung sulfur yang tinggi, yang merupakan trace mineral yang membantu mensintesis dan mencegah kerusakan kolagen. Namun, perhatikan jumlah yang dikonsumsi. Terlalu banyak bawang putih (terutama mentah) dapat menyebabkan mulas, sakit perut, atau meningkatkan risiko pendarahan jika Anda menggunakan pengencer darah. Hindari makan lebih banyak bawang putih hanya untuk keperluan kolagen.

Makanan untuk meningkatkan kadar kolagen

Itu tadi 7 makanan yang dipercaya bisa meningkatkan kadar kolagen dalam tubuh. Anda bisa memasukkan berbagai makanan secara konsisten dalam menu harian. Makanan yang kaya akan kolagen tidak hanya untuk kulit halus dan elastis, namun juga bisa mengatasi nyeri sendi, otot, dan gangguan pencernaan.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

desi3

About the Author: desi3

Seorang 'bibiliophile' yang jatuh cinta dengan Himalaya dan fans berat warna biru. ~ travel to fulfill your soul ~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *