Tips Melakukan Olahraga Disaat Berpuasa

TIPS dan TRIK, malangpost.id – Sebagian besar orang menghindari berolahraga saat sedang puasa. Nyatanya, olahraga saat puasa berdampak baik terhadap kesehatan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa berolahraga saat puasa memengaruhi biokimia dan metabolisme otot yang terkait dengan sensitivitas insulin dan pengelolaan kadar gula darah yang stabil.

Meskipun begitu, ada baiknya mengetahui waktu terbaik berolahraga dan jenis olahraga yang bisa dilakukan saat berpuasa.

Berikut kami sampaikan tips berolahraga disaat berpuasa yang bisa diterapkan.

1. Tentukan waktu berolahraga

Olahraga saat puasa bisa dilakukan bagi mereka yang terbiasa. Waktu terbaik untuk berolahraga saat puasa adalah setelah waktu berbuka. Karena tubuh telah mendapatkan energi dari makanan dan minuman saat berbuka puasa. Selain itu, olahraga juga bisa dilakukan 30-60 menit menjelang berbuka. Tubuh akan mendapatkan asupan energi kembali tak lama setelah berbuka puasa.

2. Pilih jenis olahraga

Tips lainnya untuk melakukan olahraga saat puasa adalah memilih jenis latihan. Sebaiknya lakukan jenis olahraga dengan intensitas ringan sampai sedang, seperti berjalan, bersepeda, dan jogging. Olahraga ringan bisa mencegah rasa lesu. Sedangkan olahraga dengan intensitas tinggi dari yang biasa dilalukan sangat tidak disarankan karena dikhawatirkan tubuh tidak kuat melakukannya.

iklan-dinas-kominfo

3. Perhatikan asupan makanan

Agar olahraga saat puasa memberikan manfaat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya dengan memperhatikan asupan makanan. Pastikan memenuhi asupan karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral untuk memenuhi gizi yang diperlukan tubuh. Cobalah makan makanan yang mengandung lemak tinggi dan serat saat sahur untuk memperlampat pencernaan. Saat berbuka, konsumsi makanan mengandung karbohidrat tinggi untuk mengembalikan energi.

4. Banyak minum

Olahraga saat berpuasa, terutama saat cuaca panas bisa membuat dehidrasi. Cairan tubuh bisa hilang dengan cepat melalui keringat. Karenanya, perhatikan asupan cairan yang masuk dalam sehari, yaitu 1,5-2 liter per hari.

5. Perhatikan durasi waktu tidur

Tips lainnya untuk tetap bisa berolahraga saat puasa yaitu memperhatikan waktu tidur. 7-9 jam per hari merupakan waktu tidur yang diperlukan orang dewasa. Jika tidur berkurang, dapat mempengaruhi kinerja tubuh, terutama jika dipaksa melalukan olahraga intensitas tinggi.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

desi3

About the Author: desi3

Seorang 'bibiliophile' yang jatuh cinta dengan Himalaya dan fans berat warna biru. ~ travel to fulfill your soul ~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kunjungi Alamat Baru Kami

This will close in 0 seconds