Gelontorkan Rp 4 Miliar, Agar Terang Saat Petang

BATU, malangpost.id- Kota Wisata Batu (KWB). Dari namanya, telah mencerminkan di kota ini banyak destinasi wisata.

Maka perlu dipercantik kawasannya, terutama di malam hari. DPUPR Kota Batu memprogramkan meluncurkan 350 lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) dan Penerangan Jalan Lingkungan (PJL), setiap tahunnya.

Tak main-main mewujudkan program tersebut. Agar terlaksana tepat sasaran digelontorkan anggaran Rp 4 miliar. Pelaksanaannya dimulai setelah persetujuan Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) dari Pemprov Jawa Timur.

Kepala Dinas PUPR Kota Batu, Alfi Nurhidayat mengatakan: Anggaran sebesar itu akan digunakan membangun 350 titik yang dari 226 PJU dan 124 PJL. Untuk PJU anggarannya Rp 2.179 miliar. Sedangkan untuk PJL anggarannya Rp 1,9 miliar.

“Dari 350 titik itu, akan tersebar di seluruh ruas jalan protokol Kota Batu yang belum terpasang PJU dan PJL. Nantinya lampu yang akan kami gunakan adalah lampu biasa, bukan yang bertenaga surya,” paparnya.

Terang, pasti aman dan nyaman

Bertambahnya penerangan jalan, diharapkan mampu menunjang kenyamanan dan keamanan bagi pengguna jalan. Selain dua hal utama tersebut, harapannya makin mempercantik Kota Batu saat matahari terbenam.

“Ketika penerangan telah terpasang. Para pengguna jalan tak perlu was-was lagi saat malam hari. Karena kondisi jalan sudah baik dan mantap. Didukung penerangan yang memadai,” tururnya.

Bukan itu saja, lampu juga merupakan salah satu perangkat penting sebagai estetika perkotaan. Apalagi kota wisata.

DPUPR tetap berupaya maksimal agar penerangan bisa merata di tiga kecamatan secara bertahap. Kota Batu masih kekurangan 3000 titik.

“Masih banyak kekurangan. Sekitar 3000 titik sejauh ini belum terpasang. Secara bertahap dipasang. Tiap tahun 300-350 titik kita pasang. Karena keterbatasan anggaran yang tersedia,” kata dia.

Wakil Ketua I DPRD Kota Batu, Nurochman mengapresiasi apa yang dilakukan DPUPR. Khususnya untuk pemasangan PJU dan PJL. Namun Nurochman juga mengingatkan karena ia sering menemui lampu yang mati.

“Untuk pemasangan infrastruktur PJU dan PJL kami anggap sudah sangat responsif,” ungkapnya. Ini penting sebagai pelengkap fasilitas umum di Kota Batu. “Jadi untuk pemasangan PJU dan PJL harus benar-benar maksimal. Apalagi fasilitas umum ini penting. Tak hanya bagi warga Kota Batu, tapi juga bagi wisatawan,” pungkasnya. (ant/jan)

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Calya

About the Author: Calya Putri

Pecinta musik dan pastinya juga suka menyanyi. Penulis yang memiliki bintang Sagitarius ini juga menykai K-Pop dan hobi wisata alam terutama pantai. Dunia fashion juga digelutinanya sejak kecil tebukti dari beberapa prestasi yang sering diraih dalam peragaan busana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kunjungi Alamat Baru Kami

This will close in 0 seconds