Vaksin Gratis untuk PBI BPJS

MALANG, malangpost.id- Pemerintah mulai mencanangkan, siapa yang akan menerima vaksin Covid-19 secara gratis, apabila vaksin itu telah ada. Rencananya tidak semua masyarakat. Vaksin gratis hanya untuk penerima bantuan iuran (PBI) BPJS Kesehatan.

Sekretaris Eksekutif Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), Raden Pardede mengungkapkan ini, saat menjadi narasumber di acara workshop media virtual yang digelar BPJS Kesehatan.

Menurut Raden, peserta PBI BPJS Kesehatan diproyeksikan mendapatkan vaksinasi gratis. Meski demikian, masyarakat bisa mengajukan untuk mendapatkan vaksin itu. Tetapi, dengan syarat dan ketentuan harus biaya sendiri.

‘’Vaksinasi ada dua model. Satu gratis untuk masyarakat menengah ke bawah. Itu memang kita harus berikan gratis. Sedang masyarakat menengah ke atas, berbayar,’’ tegasnya.

Terkait data siapa-siapa yang harus membayar dan tidak, pemerintah sedang melakukan filter data. Salah satu acuan data yang digunakan nanti adalah para PBI Jaminan Kesehatan Nasional dari BPJS Kesehatan.

‘’Secara nasional, ada 96,6 juta PBI yang memperoleh bantuan dari APBN. Sedang yang memperoleh PBI dari APBD tercatat ada 35,1 juta orang,’’ jelasnya.

Peserta PBI BPJS Kesehatan merupakan golongan masyarakat menengah ke bawah, yang mendapat subsidi dari pemerintah.

Vaksinasi ini masih disiapkan. Jika vaksin Covid-19 sudah resmi diluncurkan, pemerintah menyiapkan konsep vaksinasi untuk masyarakat. (jof/ekn)

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Calya

About the Author: Calya Putri

Pecinta musik dan pastinya juga suka menyanyi. Penulis yang memiliki bintang Sagitarius ini juga menykai K-Pop dan hobi wisata alam terutama pantai. Dunia fashion juga digelutinanya sejak kecil tebukti dari beberapa prestasi yang sering diraih dalam peragaan busana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close