Rayakan HKN, Dinkes Batu Beri Edukasi Pentingnya Jaga Kesehatan di Masa Pandemi

ADV, Malangpost.id – Seperti yang kita ketahui pada peringatan HKN tahun ini, Dinkes Kota Batu mengusung tema baru yaitu “KWB Sehat Menuju Indonesia Sehat.” Selain itu, Dinkes juga mengadakan acara khusus yang bertujuan untuk memberi edukasi kepada kalangan masyarakat setempat khususnya para remaja-remaji tentang betapa pentingnya mengkonsumsi table Fe serta tata cara penggunaannya. Dengan menghadirkan talent by Kangmas Nimas serta para selebgram terkenal Kota Batu sebagai duta baca dan juga duta dongeng.

Acara ini diperingati sebagai momentum untuk menyatukan tekad dalam mewujudkan Indonesia semakin sehat dan semangat memperjuangkan ketahanan kesehatan Indonesia terutama sejak pandemi Covid-19. Sehingga derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya dapat terwujud dengan dukungan seluruh komponen bangsa.

Pemerintah pusat dan daerah, akademisi, dunia usaha, organisasi kemasyarakatan, praktisi dan media massa turut ambil bagian dalam peringatan HKN ini guna mendukung pembangunan kesehatan. Selain itu agar masyarakat semakin mengerti arti penting perilaku dan lingkungan sehat serta bersedia melakukan gerakan hidup sehat di tatanan keluarga, sekolah, tempat kerja, tempat umum dan fasilitas lainnya.

Lokasi pelaksanaan kegiatan Peningkatan Pemberdayaan Masyarakat Untuk Berperilaku Hidup Bersih dan Sehat (Peringatan Hari Kesehatan Nasional) ini bertempat di Graha Pancasila Balaikota Batu. Acara akan dilaksanakan pada 13 November 2020 dan dimulai pada pukul 06.30 WIB diawali dengan senam dan zumba bersama Walikota Batu dan peserta lainnya, serta disiarkan secara live via zoom dengan peserta lainnya dari jarak jauh. Diloanjutkan dengan menyakikan lagu Indonesia Raya, jingle germas, persembahan Dinkes Kota Batu on video, disambung dengan sambutan dari Walikota sekaligus membuka acara HKN ke-56.

Tak lupa apresiasi tim tenaga medis dan dukungan semua elemen masyarakat dalam menanggulangi covid-19 di Kota Batu dilanjutkan dengan launching tablet Fe (dengan memberikan edukasi kepada remaja putri untuk mengkonsumsi tablet Fe).

Menurut kepala Dinkes Kota Baru Kartika Trisulandari, sasaran kegiatan ini adalah seluruh rumah sakit di Kota Batu, para tenaga kesehatan di Dinkes dan Puskesmas, OPD di Kota Batu, para kader Kesehatan serta masyarakat setempat. 

Hari Kesehatan Nasional Sangat Erat Kaitannya dengan Covid-19

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyatakan, Hari Kesehatan Nasional ke-56 tahun ini merupakan momentum untuk kita sebagai masyarakat bersyukur karena di era pandemi ini mengingatkan kita semua tentang betapa pentingnya menjaga kesehatan. Menurutnya, tema HKN tahun ini merupakan upaya untuk membangun masyarakat yang produktif dan aman dari Covid-19 di era adaptasi kebiasaan baru.

Pada perayaan HKN tahun ini, pemerintah juga mengambil sub tema yang masih berhubungan dengan pandemi Covid-19, yaitu “Jaga Diri, Keluarga dan Masyarakat, Selamatkan Bangsa dari Pandemi Covid-19”. “Oleh karena itu, saya mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat dan tenaga kesehatan, agar selalu disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah keterpaparan Covid-19,” lanjut Terawan.

Pada masa pandemi Covid-19 ini, HKN dijadikan sebagai momentum untuk menyatukan tekad dalam mewujudkan Indonesia semakin sehat dan semangat memperjuangkan ketahanan kesehatan Indonesia. Peringatan HKN menjadi pengingat agar kita dapat terhindar dari COVID-19, sehingga meningkatkan derajat kesehatan masyarakat pula. “Sekuat apapun upaya pemerintah tidak akan cukup apabila tidak didukung oleh masyarakat dengan mematuhi protokol kesehatan,” ungkapnya lagi.

Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kemenkes, Kirana Pritasari berharap, kondisi ini dapat dijadikan momentum untuk mengubah perilaku masyarakat dan mendorong penguatan upaya kesehatan promotif dan preventif. “Implementasinya harus melibatkan peran aktif lintas sektor, perguruan tinggi, ormas, swasta, termasuk media massa,” katanya.

Logo HKN ke-56 tahun 2020 juga menggambarkan kebersamaan, saling bergenggam tangan untuk mengingatkan bahwa derajat kesehatan masyarakat akan terwujud apabila seluruh komponen turut berperan serta dalam upaya kesehatan. Dalam logo tersebut terdapat tiga lingkaran yang mengingatkan pada kampanye 3M dalam pencegahan covid-19 yakni Memakai masker, Menjaga jarak, dan Mencuci tangan pakai sabun.

Kegiatan HKN mengusung semangat untuk merangkul masyarakat, dunia usaha, profesional, mitra, organisasi, sampai tokoh-tokoh masyarakat untuk berkontribusi dalam membangun masyarakat yang lebih sehat.

(MP-Rf)

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Advertorial

About the Author: Advertorial

Kenalkan produk atau jasa Anda melalui konten artikel menarik. Buat Audience lebih mengenal produk Anda dengan detail. Untuk informasi hubungi tim pemasaran malangpost[dot]id melalui email: marketing@malangpost.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close