Geruduk Among Tani, Rombongan Petugas KPK Periksa Tiga OPD Kota Batu

BATU, malangpost.id- Suasana balaikota Among Tani Kota Batu pada Rabu (6/1/2021) di siang hari yang sebelumnya lenggang mendadak menjadi ramai.

Hal ini disebabkan hadirnya serombongan petugas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang secara tiba-tiba mendatangi gedung yang menjadi pusat pemerintahan kota yang terkenal dengan berbagai destinasi wisatanya ini.

Sehingga banyak mengundang perhatian baik dari warga yang tengah memiliki urusan di balaikota maupun petugas yang tengah berada di sekitar lokasi gedung ini.

Berdasarkan pantauan dari Gedung pemerintahan yang berlokasi di Jl. Panglima Sudirman No.507, Kel. Pesanggrahan, Kec. Batu ini, nampak rombongan petugas dari KPK tersebut tengah melakukan pemeriksaan berkas di beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Batu.

Lembaga yang dikepalai oleh Komjen. Pol. Drs. Firli Bahuri, M.Si tersebut memeriksa Dinas Pendidikan Kota Batu, serta Dinas Pariwisata Kota Batu. Dalam pemeriksaan ini, turut terlihat pengawalan yang dilakukan oleh dua petugas dari unsur kepolisian Republik Indonesia.

Tidak hanya memeriksa, beberapa petugas dari lembaga yang dibentuk pada era pemerintahan Presiden Megawati Soekarnoputri ini juga nampak keluar masuk dari beberapa ruangan sembari membawa berkas.

Besar kemungkinan, berkas tersebut terkait dengan kasus tindak korupsi yang tengah diselidiki oleh KPK. Berdasarkan informasi dari salah satu petugas yang turut melaksanakan pengawalan, rombongan KPK datang pada pukul 10.00 WIB lalu langsung melakukan pemeriksaan.

Petugas tersebut turut menyampaikan permintaannya agar awak media yang meliput tidak melakukan tindakan-tindakan yang dapat mengganggu berjalannya pemeriksaan ini.

Selain itu, beliau juga turut menyampaikan agar awak media dapat bersabar untuk menunggu terlebih dahulu hasil pemeriksaan selesai untuk dapat mengetahui kejelasan dari duduk perkara yang kini tengah diselidiki oleh lembaga anti rasuah ini.

“Pemeriksaan ini sudah sejak pukul 10.00. Untuk sementara jangan diganggu dulu, tunggu hasilnya selesai,” ujar petugas yang enggan disebutkan namanya itu.

Tak berhenti sampai di situ, petugas KPK juga terpantau turut melakukan pemeriksaan di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Batu. Terdapat tiga petugas yang mengenakan seragam KPK melakukan pemeriksaan di DPUPR. Dalam melakukan pemeriksaan ini, mereka turut dikawal tiga petugas kepolisian.

Selain mengawal jalannya pemeriksaan ini, petugas turut melarang siapapun untuk mendekat. Pelarangan ini dikaitkan masih berjalnnya proses pemeriksaan oleh petugas KPK.

“Mohon geser dulu, Mas, karena ini masih dalam proses pemeriksaan,” ujar petugas tersebut.

Salah seorang staf DPUPR Kota Batu turut membenarkan adanya pemeriksaan yang tengah terjadi ini.

“Iya di dalam ada banyak orang dari KPK,” ucapnya tanpa mau menyebutkan identitas diri.

Sementara itu, hingga berita ini diturunkan, awak media masih terus menantikan adanya penjelasan resmi terkait kedatangan rombongan petugas KPK di gedung Balai Kota Among Tani Batu.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Bryan

About the Author: Bryan Satriya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close