Tingkatkan Pemberdayaan Perempuan, PC Fatayat Kota Malang Gelar Audiensi dengan Pemkot Malang

BALAIKOTA, malangpost.id- Jumat (29/01) pagi, beberapa Pengurus Cabang (PC) Fatayat NU Kota Malang menghadiri audiensi yang dilakukan antara PC Fatayat NU Kota Malang dengan walaikota malang H. Sutiaji di balaikota Malang. Audiensi ini merupakan  buah dari inisiasi program PC  Fatayat NU Kota Malang.

Iswatun Khasanah, S.Pd Ketua PC Fatayat NU Kota Malang yang dihubungi melalui jejaring media sosial WhastApp (WA) menjelaskan, Hal ini bermula dari amanah hasil konferensi XII PC Fatayat NU Kota Malang.

Sehingga Iswatun menindak lanjuti amanah tersebut dengan menghubungi pihak Pemkot Malang untuk kemudian meminta waktu guna dapat melakukan audiensi dengan H. Sutiaji selaku Walikota Malang.

Dalam audiensi yang dimulai pukul 10.00 tersebut, pihak PC Fatayat NU Kota Malang banyak menyampaikan berbagai hal kepada Sutiaji. Hal ini mendapat sambutan positif dari Pemkot Malang, yaitu dengan adanya beragam dinas-dinas terkait yang diharapankan kedepannya nanti dapat bersinergi dengan program-program yang diusung oleh PC Fatayat NU Kota Malang. 

Terkait program-program tersebut, PC Fatayat NU Kota Malang membagi kedalam empat bidang, yaitu Bidang kesehatan dan lingkungan hidup, Bidang ekonomi, Bidang pendidikan dan Dakwah, Bidang sosial, serta Bidang seni dan budaya.

Terkait bidang kesehatan dan lingkungan hidup, PC Fatayat NU memiliki beberapa fokus sasaran kegiatan. Diantaranya:

1. Mengoptimalkan Penyuluhan/Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) kesehatan reproduksi.

2. Penerapan Pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

3. Sosialisasi upaya Pengendalian stunting, TB, HIV AIDS, NARKOBA

4. Inisiasi  lingkungan sehat (GO GREEN) dengan program bernama Fatayat tandur. Program ini akan dilaksanakan dengan jenis tanaman yang berjenis sayuran serta buah-buahan, dengan tujuan untuk ketahanan keluarga

Dalam Bidang ekonomi, PC Fatayat memiliki program dengan tujuan utama meningkatkan perekonomian keluarga baik melalui koperasi maupun pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (umkm). Program-program ini salah satunya dilakukan dengan cara memberikan berbagai pelatihan yang berkaitan dengan tujuan.

Kemudian dalam Bidang pendidikan dan Dakwah, PC Fatayat memiliki program pengoptimalan peran Fatayat dalam berbagai lembaga Fordaf, dengan pembentukan 1001 daiyah yang dimulai dari tingkat ranting. Serta PC Fatayat memiliki program penguatan anggota melalui pendidikan dan berbagai pelatihan yang dapat menunjang bagi penguatan anggota Fatayat NU.

Dan terakhir dalam Bidang sosial, seni dan budaya, PC Fatayat memiliki program pengembangan minat dan bakat melalui pembinaan pada berbagai kegiatan. Mulai dari tilawatil qur’an, grup sholawat banjari, serta pelatihan protokoler dan mc.


Dalam audiensi ini, PC Fatayat NU diwakili oleh ketua dan wakil ketua PC Fatayat serta 2 koordinator, untuk Wakil Ketua PC Fatayat Evi Nur Rosidah, SE, Koordinator bidang organisasi Hj. Hartatik, SE, dan Koordinator Bidang Dakwah Hj. Dewi Kunti Masitoh.

Fatayat sendiri merupakan organisasi kemasyarakatan dan keagamaan dibawah naungan Nahdlatul Ulama. Untuk keanggotaannya, diisi oleh perempuan-perempuan muda dengan usia 16 – 45 tahun, mengenai tujuannya PC Fatayat berkomitmen dalam perjuangannya untuk pemberdayaan perempuan.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Bryan

About the Author: Bryan Satriya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close