Tingkatkan Daya Saing IKM, Diskopindag Selenggarakan Fasilitasi Merk, Uji Nutrisi, dan Sertifikasi Halal

BALAIKOTA, malangpost.id- Dinas koperasi perindustrian dan perdangangan (Diskopindag) Kota Malang pada Kamis (25/2) menyelenggarakan sosialisasi terkait fasilitasi merk, uji nutrisi, dan sertifikasi halal di Ballroom lantai 1 Ijen Suites. Dalam acara yang digelar selama dua hari hingga Jumat (26/2) esok hari ini, Diskopindag berfokus untuk memberikan pendampingan serta fasilitasi kepada Indsutri Kreatif Menengah (IKM).

Dalam kegiatan hari pertama Diskopindag menggelar sosialisasi mengenai Standar Nasional Indonesia (SNI), diharapkan melalui sosialisasi SNI ini, IKM di Kota Malang dapat meningkatkan kualitas serta daya saingnya. Sehingga dapat semakin maju dan berkembang, hal ini tentunya akan mendorong kemajuan perekonomian di Kota Malang.

Dalam kesempatan hari ini, turut dilakukan sosialisasi uji nutrisi yang disampaikan oleh Kantor Layanan Teknis (KLT) Badan Standarisasi Nasional (BSN) Jawa Timur. Turut hadir pula dalam acara ini Yuniar Wahyudi selaku kepala KLT BSN Jatim.

Sambutan juga diberikan Dra. Yuke siswati MS.i selaku Kepala bidang perindustrian Diskopindag Kota Malang dalam sambutannya Yuke menyampaikan, kegiatan ini bertujuan agar IKM di Kota Malang dapat terus meningkatkan kualitas sekaligus daya saing IKM. Selain kedua pihak diatas, kegiatan pada hari pertama ini juga mendapat sambutan dari Drs. Wahyu Setianto, MM selaku Kepala Diskopindag.

Dalam acara yang dimulai semenjak pukul 08.00 ini, Diskopindag secara total mengundang 60 IKM. Diharapkan melalui kegiatan ini mereka dapat semakin meningkatkan daya saing produknya, sehingga dapat turut berkontribusi dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Ditemui di lokasi yang sama Kasi sarana dan prasarana Industri Diskopindag Kota Malang, Faried Su’adi ST, MM menjelaskan jika pada tahun ini Diskopindag memiliki target 60 IKM yang diharapkan dapat naik tingkat ke SNI. Pihaknya pun menjelaskan jika diskopindag siap memfasilitasi merk, uji nutrisi serta sertifikasi halal kepada setiap IKM terpilih.

“Untuk tahun ini kita ada Fasilitasi merk, uji nutrisi, dan halal itu kami fasilitasi semua pembiayaan pendampingan dll itu kami yang fasilitasi. Untuk tahun ini kita ada 60 fasilitas IKM” Ujar Faried kepada malangpost.id pada (25/2)

Terkait agenda kegiatan di hari Jumat, pihaknya menjelaskan peserta nantinya akan diarahkan kepada teknis sertifikasi halal serta nutrisi. Peserta forum nantinya akan dibagi menjadi dua kelompok dengan fokus serta pemateri yang berbeda.

“Untuk besok kita fokus ke teknis ya, ke merk sendiri halal sama nutrisi sendiri.” Lanjut Faried.

Dalam bimbingan teknis sertifikasi halal, pihaknya akan menggandeng auditor dari Unversitas Brawijaya, sedangkan mengenai merk, pihaknya akan menggandeng Unit Pelayanan Teknis (UPT) Merk Pemerintah provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim).

“Untuk halalnya pakai auditor dari Universitas Brawijaya serta akan menghadirkan juga UPT Merk dari pemprov jatim.” Sambung Farid.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Bryan

About the Author: Bryan Satriya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close