Stasiun Malang Sediakan Test GeNose, Tuai Pujian Pengguna KAI

Senin (1/3) Stasiun Kota baru Malang resmi menyediakan layanan pemeriksaan GeNose C19. Layanan pemeriksaan GeNose di Stasiun Malang sendiri dapat diakses oleh seluruh pengguna jasa kereta api jarak jauh mulai pukul 07.00 WIB sampai 16.00 WIB setiap hari dengan biaya yang terjangkau hanya sebesar Rp 20 ribu.

Tambahan layanan baru ini, sekaligus semakin memanjakan pengguna moda transportasi kelolaan PT Kereta Api Indonesia (PT KAI). Hal ini disebabkan, bagi setiap pengguna kereta jarak jauh wajib menyertakan surat keterangan negatif covid 19. Sesuai ketentuan dalam surat edaran Kementerian Perhubungan No. 20 Tahun 2021.

Dalam ketentuan tersebut, setiap pelanggan Kereta Api Jarak Jauh diwajibkan menunjukkan surat keterangan negatif GeNose C19 atau Rapid Test Antigen atau RT-PCR. Adapun terkait sampel yang diambil dalam salah satu test yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3×24 jam sebelum jam keberangkatan.

Selain di stasiun kota baru Malang, layanan deteksi virus Covid 19 dengan metode tiupan nafas ini juga tersedia di banyak stasiun lainnya. Per 28 Februari 2021 sendiri, secara total, PT KAI telah menyediakan layanan pemeriksaan GeNose C19 di 12 stasiun yang berbeda.

12 stasiun tersebut yaitu Stasiun Pasarsenen, Gambir, Bandung, Cirebon, Purwokerto, Semarang Tawang, Yogyakarta, Solobalapan, Madiun, Surabaya Pasarturi, Surabaya Gubeng, dan juga Stasiun Malang. Dari 12 stasiun tersebut, Stasiun Surabaya Gubeng dan Stasiun Malang tercatat sebagai stasiun yang paling baru menyediakan layanan pemeriksaan GeNose C19.

“menunggunya tidak lama sih kalau aku tadi, sepuluh menit ya kira-kira, kalau aku tadi sepuluh menit” Ujar Nuzul Dani Mubarok ketika diwawancarai oleh malangpost.id seusai ia melakukan test GeNose.

Ia mengaku, ini merupakan test GeNose keduanya. Selain memuji kecepatan layanan, pemuda yang akrab disapa Nuzul ini juga memuji pelayanan yang PT KAI. Meskipun begitu, ia mengharapkan agar kedepannya PT KAI dapat memperpanjang jam layanan test GeNose ini. Dari yang semula pukul 16.00 menjadi pukul 18.00

Sebagai informasi tambahan, bagi para pengguna jasa kereta api yang hendak melakukan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun dikenakan beberapa syarat. Syarat untuk dapat melakukan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun adalah harus memiliki tiket atau kode booking kereta api Jarak Jauh yang sudah terbayar lunas.

Selain itu penumpang yang telah memiliki tiket yang sudah lunas, dalam jangka waktu 30 menit sebelum masuk dilakukan pemeriksaan oleh Genose terlebi dahulu, calon penumpang kereta api dilarang merokok, serta mengkonsumsi makanan dan minuman. Terkait minuman, terdapat pengecualian untuk air putih atau air mineral, sehingga masih diperbolehkan bila hanya minum air putih.

Syarat tersebut sendiri, ditujukan agar tingkat akurasi hasil pemeriksaan GeNose C19 dapat efektif serta tidak terpengaruh zat-zat yang ada dalam rokok maupun makanan dan minuman.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Bryan

About the Author: Bryan Satriya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *