Walaupun Berbeda, Santunan PT. ACA Tetap Penuh Hikmah

KANJURUHAN, Malangpost.id – Santunan anak yatim bertajuk Pekan Islami ke XIV PT. ACA sudah memasuki hari Ke-6. Jumat (7/5) ini, rombongan panitia PT. ACA kembali berbagi dengan ratusan anak yatim di tiga titik Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang.

Walaupun berada di tengah kondisi puasa Ramadhan, para panitia terlihat tetap semangat menyapa anak yatim di setiap rangkaian acara.

Salah seorang peserta santunan Ifan Alifatwah, saat ditemui Malangpost.id di Kantor MWC (Majelis Wakil Cabang) NU Kec.Tumpang menuturkan gembira mengikuti acara santunan ini.

Baca juga : Acara Pekan Islami ke XIV 2021 PT. ACA di Kecamatan Turen, Kabupaten Malang

Bocah laki-laki asal Desa Duwet Krajan ini lantas menuturkan, datang ke acara santunan bersama rombongan dari desanya.

“Iya rumahnya jauh, tadi datang bareng-bareng naik mobil,” tambahnya

Santunan digunakan hal yang bermanfaat

Disinggung masalah pemanfaatan hasil santunan, dirinya mengaku bahwa hasil santunan akan digunakan untuk membeli baju lebaran dan perlengkapan sekolah, seperti sepatu, serta sebagian uang santunan juga akan ditabung.

sedekah pt aca ditabung
Dengan gesit anak-anak di Balai Desa Tulusbesar, Tumpang ikuti rangkaian acara santunan PT. ACA (Sumber : Wahyu Setiawan-Malangpost.id)

Dikonfirmasi di lokasi yang sama. Ketua MPC NU Kec. Tumpang Miftahul Munir mengatakan, jumlah anak yang mengikuti giat santunan PT. ACA se-Kecamatan Tumpang berjumlah 209 anak dari 15 Desa.

Sedangkan di Kantor MPC NU Tumpang sendiri, jumlah peserta santunan ada 50 orang anak.

“Setiap tahun kita pasti ada santunan, sehingga untuk koordinasi ke daerah-daerah itu cukup mudah. Untuk persiapan anaknya, kita cukup menghubungi lewat WA (whatsapp, red),” ungkap Munir

“Tidak butuh waktu lama, satu sampai dua hari, kuota sudah bisa terpenuhi,” tambahnya

Kuota Santunan Berkurang karena Pandemi

Dirinya melanjutkan, berbeda dengan kegiatan santunan PT. ACA ditahun-tahun sebelum pandemi. Kuota santunan tahun ini memang sedikit berkurang. Hal ini akibat dari adanya pandemi Covid-19.

“Sebelum pandemi ada 400-an anak yang mengikuti santunan, itu dikumpulkan menjadi satu di tempat yang luas dan ada hiburannya juga. Tapi karena pandemi kuotanya dikurangi dan acaranya tidak semeriah seperti dulu,” ujar Munir

hikmah berbagi pt aca
Potret anak di Kecamatan Tumpang setelah mendapat santunan dari PT. ACA. (Sumber : Wahyu Setiawan-Malangpost.id)

Namun dirinya menekankan, walaupun banyak yang berubah hikmah, tujuan dan esensinya tetap sama tidak berubah. Dalam hal menebarkan manfaat bagi masyarakat Tumpang, khususnya bagi anak yatim.

“Mudah-mudahan apa yang diberikan PT. ACA kepada anak-anak bisa dimanfaatkan sebaik mungkin,” ungkapnya

Menutup wawancara bersama awak media, dia mengutarakan rasa terima kasihnya kepada Iwan Kurniawan selaku Presiden Komisaris PT. ACA.

Mengingat pengusaha sukses di Malang tersebut, secara konsisten memperhatikan anak-anak di wilayah Kec. Tumpang.

Baca juga : Maksimalkan Prokes, PT. ACA Santuni 212 Anak Yatim Kalipare

“Terima kasih karena telah berbagi dengan anak-anak kami. Mudah-mudahan Iwan Kurniawan yang selalu memperhatikan anak yatim dan kaum duafa selalu diberikan kesehatan, panjang umur, serta usahanya selalu maju dan berkembang,” pungkasnya kepada Malangpost.id

Sebagai informasi, tiga titik pemberian santunan di Kec. Tumpang oleh PT. ACA pertama berada di Balai Desa Kambingan. Titik kedua berada di Kantor MWC NU Tumpang, dan titik terakhir berada di Balai Desa Tulusbesar.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Wahyu

About the Author: Wahyu Setiawan

Paling suka jalan-jalan; lebih senang baca novel; sering nonton film bergenre Adventure, Comedy, Horror, Animation, Fantasy & Romance; sedang banyak belajar menulis berita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close