Jokowi : Fokus Pada Penanganan Covid dan Peningkatan Ekonomi Pasca Lebaran

BATU, Malangpost.id – Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko, menghadiri kegiatan Pengarahan Presiden Republik Indonesia kepada Kepala Daerah se-Indonesia Tahun 2021. Kegiatan dilaksanakan secara virtual atau video conference (Vidcon), di Command Center (17/5).

Dalam kesempatan tersebut Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo, dalam sambutannya menyampaikan bahwa pertemuan pada hari ini diadakan karena ada 2 (dua) hal penting yang ingin disampaikan.

“Yakni berkaitan dengan Covid-19 dan ekonomi. Pasca Lebaran kita harus waspada dan hati-hati karena berpotensi jumlah kasus baru covid bertambah,” jelas Presiden Joko Widodo.

Meskipun sudah diterapkan larangan mudik, masih ada sekitar 1,5 juta pemudik pada tanggal 6-17 Mei. Jumlah tersebut merupakan 1,1% dari seluruh masyarakat Indonesia, turun drastis dari perkiraan sebelum pelarangan Mudik yaitu 33%.

Selanjutnya Presiden menyampaikan hal yang berkaitan dengan ekonomi dan melihat kondisi sekarang yang sedang dikerjakan pemerintah agar dapat menekan laju penyebaran harian kasus Covid-19.

iklan-dinas-kominfo
Presiden Joko Widodo memberikan pengarahan pasca lebaran

”Bulan Maret dan April ini sudah kelihatan ekonomi sudah hampir menuju pada kondisi normal. Sehingga target kita secara nasional di Tahun 2021 ini, target pertumbuhan ekonomi kita 4,5 sampai dengan 5,5 persen itu bisa kita capai dan itu dimulai sangat tergantung sekali pada pertumbuhan ekonomi di kuartal kedua Tahun 2021. Artinya apa, April, Mei dan Juni ini sangat-sangat menentukan. Kalau kita bisa menekan Covid-19 nya tanpa membuat goncangan di ekonomi, maka inilah sebuah keberhasilan dan target kita kurang lebih 7 persen harus tercapai. Kalau itu bisa tercapai maka untuk kuartal yang berikutnya lebih memudahkan,” harapnya.

Presiden Jokowi juga mengajak kepada seluruh Provinsi dan Kabupaten/Kota untuk memahami angka-angka covid dan pertumbuhan ekonomi agar tahu apa yang harus dilakukan.

“Penanganan Covid dan peningkatan ekonomi harus berjalan beriringan,” tuturnya.

(Sumber berita Diskominfo Kota Batu)

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Tasniah

About the Author: Tasniah Fauzi

Suka mempelajari hal-hal baru dan masih terus berproses

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *