Gempa Blitar M6.2 Terasa Guncang Warga Malang Raya

KANJURUHAN, Malangpost.id – Warga Malang Raya, Jumat (23/05/2021) sekitar pukul 19.09 WIB, kembali merasakan gempa. Gempa kali ini berasal dari Kabupaten Blitar.

Gempa bumi yang mengguncang Kabupaten Blitar dengan Magnitudo 6,2 ini tidak berpotensi tsunami.
Meski goyangan tidak terlalu lama, namun membuat warga keluar rumah.

Menurut informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), episentrum gempa berada di 8,63 LS, 112,34 BT, sejauh 57 kilometer Tenggara dari Kabupaten Blitar dengan kedalaman 110 kilometer dan tidak berpotensi tsunami.

“Saat saya berada di dalam terdengar suara dari langit – langit rumah dan merasaka ada goyangan. Begitu saya keluar, banyak warga yang berupaya keluar. Ternyata ada gempa,” ujar Reti yang akhitnya bergabung dengan warga lainnya.

Menurutnya, guncangan gempa cukup terasa, tetapi berbeda dengan gempa yang melanda wilayah Kabupaten Malang, beberapa waktu lalu, tepatnya 10 April 2021.

iklan-dinas-kominfo

Selain guncangannya lebih kuat, waktunya pun cukup lama. “Selain korban, banyak rumah warga di Kabupaten Malang yang rusak,” tambahnya.

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang menyatakan, hingga saat ini belum ada laporan adanya kerusakan akibat gempa yang berpusat di Kabupaten Blitar dan getarannya dirasakan hingga wilayah Malang Raya.

Masih dalam Pantauan BPBD

Pelaksana Tugas Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang, Sadono mengatakan saat ini jajarannya masih melakukan pemantauan wilayah terdampak gempa tersebut dan belum mendapatkan laporan adanya kerusakan.

“Masih dalam pemantauan wilayah. Untuk kerusakan masih belum ada laporan yang kami terima,” kata Sadono.

Gempa bumi mengguncang wilayah Kabupaten Blitar, Jawa Timur pada Jumat (21/5) pukul 19.09 WIB. Gempa berkekuatan magnitudo 6,2 tersebut, terjadi pada kedalaman 110 kilometer, sejauh 57 kilometer tenggara Kabupaten Blitar.

Sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang mengonfirmasikan, data sementara ada satu rumah warga di Kecamatan Sukun mengalami kerusakan. Kerusakan terjadi akibat gempa bumi magnitudo 6,2 yang berpusat di Kabupaten Blitar.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Malang Alie Mulyanto mengatakan akibat gempa bumi yang mengguncang wilayah Kabupaten Blitar tersebut, satu rumah di Kota Malang mengalami kerusakan, namun tidak ada korban jiwa.(sap, rls BPBD)

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Tasniah

About the Author: Tasniah Fauzi

Suka mempelajari hal-hal baru dan masih terus berproses

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *