Hari Lingkungan Hidup Sedunia : Mari Lebih Peduli dan Cinta dengan Lingkungan

BALAIKOTA, Malangpost.id – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang ini terus mengajak masyarakat untuk selalu cinta lingkungan. Dengan terealisasinya ajakan tersebut akan menciptakan kondisi udara yang lebih sehat dan segar di Kota Malang.

Drs. Wahyu Setianto selaku DLH Kota Malang mengungkapkan bahwa, ” Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 5 Juni 2021 tidak ada pengerahan massa untuk menyuarakan Gerakan Cinta Lingkungan.”

Hal ini ditetapkan karena masih adanya pandemi Covid-19 yang akan berisiko sangat tinggi, sebab dihadiri oleh kerumunan masyarakat.

Dikutip dari malangkota.go.id, “ Kami hanya menghimbau dan mengajak masyarakat untuk semakin mencintai lingkungan, mari sehatkan kembali udara di Kota Malang,” tutur Wahyu (3/6).

Gerakan Cinta Lingkungan dan menyehatkan udara ini dapat dilakukan dimulai dari hal kecil. Dimulai dari mengelola dan memilah sampah di rumah, jika kesadaran masyarakat dimulai dari hal kecil seperti ini tentu akan sangat mengurangi sampah yang harus ditangani di Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Sampah dapat bermanfaat jika dikelola dan dipilah dengan baik, sebab sampah organik dapat dijadikan pupuk dan sampah anorganik dapat didaur ulang. Dengan dimulainya dari kebiasaan kecil sperti ini akan sangat membantu menjaga lingkungan sekitar.

Adanya kesadaran dan gerak tanggap dari warga Kota Malang dalam menangani sampah akan sangat membantu kesehatan dan kelestarian lingkungan. Karena adanya Dinas Lingkungan Hidup tidak hanya untuk menangani masalah sampah saja namun cakupannya sangat luas dengan keterkaitan pada lingkungan.

Berharap Kesadaran Masyarakat Terus Meningkat

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang menangani terkait ruang terbuka hijau. Berharap agar warga Kota Malang ini memiliki kesadaran dan kepekaan terhadap lingkungan sekitar.

Sehingga agar terciptanya lingkungan yang sehat dan asri. Sebab kegiatan tersebut merupakan pekerjaan rumah Bersama.

Bersumber dari malangkota.go.id, Wahyu menjelaskan bahwa, “Kesadaran masyarakat Kota Malang terhadap lingkungan sebenarnya saat ini sudah bagus, namun perlu terus ditingkatkan”.

Wahyu berharap kebiasaan warga Kota Malang membuang sampah di dekat Jembatan Pasar Gadang jangan sampai terulang kembali.

Pasalnya jika hal itu tidak segera ditangani dengan baik dan efektif, maka akan berdampak terhadap lingkungan. Selain itu, juga dapat merugikan seluruh warga Kota Malang bahkan Malang Raya.

Sehingga diharapkan warga Kota Malang memiliki tingkat kesadaran dan kepekaaan terhadap lingkungan sekitarnya. Dapat dimulai dari hal kecil seperti membuang sampah dan memilah sampah.

Dengan begitu, lingkungan disekitar akan segar, asri dan sehat. Jika lingkungan asri maka hiduppun akan tenang dan damai. Serta udara di Kota Malang akan menjadi lebih segar dan sehat.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Rizki

About the Author: Rizki Alfiah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close