Fakta, Terungkap Penyebab 5 Calon TKW Yang Kabur dari Balai Latihan Kerja di Malang

BALAIKOTA, Malangpost.id – Warga Kota Malang dikejutkan dengan sejumlah wanita yang kabur dengan meloncat dari tempat atau kantor penampungan tenaga kerja wanita (TKW). Ada lima korban diduga calon TKW yang loncat, di Kelurahan Bumiayu, Kecamatan Kedungkandang, Rabu malam (9/6).

Terungkap dugaan penyebab lima calon tenaga kerja wanita (TKW) tersebut kabur dari lantai empat Balai Latihan Kerja Luar Negeri PT Central Karya Semesta (CKS), yakni adanya penekanan dan perlakuan buruk yang dilakukan oleh pengelolah sistem pelatihan PT CKS.

Hal tersebut diungkapkan oleh warga yang juga merupakan saksi mata, Halimah (25). Dia mengatakan saat menolong salah satu korban, korban tersebut menceritakan alasannya kabur dari PT CKS.

“Menurut penuturan salah satu korban yang kami tolong. Korban kabur karena tertekan dengan sistem pelatihan PT CKS. Selain itu korban juga mengaku, jam istirahatnya sedikit. Serta tidak diperbolehkan memegang HP sama sekali,” ujarnya saat ditemui wartawan, Kamis (10/6).

Berdasarkan penuturan salah satu korban tersebut, Halimah juga mengungkapkan bahwa semua calon TKW yang ada di PT CKS ingin keluar dan kabur.

“Korban yang kami tolong itu juga mengaku, bahwa semua calon TKW yang ada di PT CKS ingin keluar semua. Bahkan menurut penuturan korban, ada salah satu calon TKW yang meninggal dunia. Namun, korban dan teman-temannya disuruh diam. Kalau ngomong, maka akan dihukum,” imbuhnya.

iklan-dinas-kominfo

Diketahui kelima calon TKW yang diduga berasal dari Sumbawa dan Lombok. Mereka mencoba kabur dari lantai empat balai pelatihan dengan menggunakan tali sambungan selimut untuk turun ke bawah.

Sementara Polresta Malang Kota saat ini sedang melakukan pendalaman kasus dan memeriksa beberapa saksi yang berada di lokasi kejadian untuk mengetahui penyebab kaburnya para calon TKW itu.

Pewarta : Fanda Yusnia

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Redaksi

About the Author: Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *