Hari Terakhir PPBD SMP Kota Malang, Jalur Zonasi Membuat Resah Orang Tua

BALAIKOTA, Malangpost.id – Sejak Senin (14/6) hingga hari Rabu (16/6) ini, PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) untuk jenjang SMP jalur zonasi Kota Malang tahun akademik 2021/2022 di buka.

Dari pantauan Malangpost.id, sampai hari terakhir pembukaan PPDB jalur zonasi, masih banyak orang tua dan calon pendaftar mendatangi Posko PPDB di Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Malang.

Anif misalnya, salah satu orang tua murid yang ingin mendaftarkan anaknya ke jenjang SMP. Dirinya menuturkan sedikit mengeluh dengan adanya indeks sekolah.

“Dulu setahu saya tidak ada peraturan indeks sekolah. Jadi kalau sekarang indeks sekolah rendah, bakal berat untuk mengalahkan sekolah yang indeksnya tinggi,” ujarnya

Baca juga : PPDB Online Kota Malang Jalur Prestasi Nilai Rapor, Masih Ada Sejumlah Kendala

Namun dirinya mengakui, sistem online untuk pendaftaran bisa diakses dengan lancar. Begitu pula dengan sistem online menurutnya lebih mudah daripada sistem offline.

“Kalau online juga lebih transparan datanya,” tambah wanita yang saat itu memakai pakaian serba kuning ini

Zonasi Sedikit Membuat Resah

Warga beralamat di Jalan Kedawung, Tulusrejo, Kota Malang ini lantas menambahkan, berkaitan dengan zonasi sedikit membuatnya resah. Mengingat di daerahnya masih jarang SMP.

“Di situ jarang SMP, yang paling dekat itu SMPN 18, SMPN 20 dan SMPN 5. Kalau untuk SMPN 20 jarak rumah saya 1,5 Km. Dan hal itu sudah terlempar (pagu sudah diisi, red) dengan jarak yang lebih dekat,” tambahnya

Ia lantas bercerita bahwa tahun sebelumnya, untuk siswa yang tinggal di lingkungan tempat dia tinggal, jarang yang bisa masuk sekolah negeri. Kebanyakan dari mereka masuk sekolah swasta.

“Soalnya daerah Kedawung yang paling dekat dengan SMP itu tidak ada, sekolah negeri yang paling dekat saja untuk jalur nilai dan zonasi sudah terlempar,” tegasnya

Baca juga : Ini Penyebab Pagu SD Kota Malang Belum Terpenuhi Saat PPDB

Nantinya jika sang anak masih belum bisa diterima melalui jalur PPDB zonasi. Maka akan mencari sekolah yang masih membuka dan menerima pendaftaran calon peserta didik.

Ditemui di lokasi yang sama, salah satu warga Kota Malang yang enggan menyebutkan namanya menuturkan, pada link pendaftaran online jalur zonasi semua sekolah yang dekat dengan tempat tinggal tidak bisa keluar.

“Kesini hanya ingin tanya kenapa semua sekolah yang dekat rumah kegeser terus di sistemnya,” jelasnya

Hari Ini Hari Terakhir Seleksi PPDB SMP

Sementara itu Dodik Teguh Pribadi, Kepala Seksi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang membenarkan. Jika jadwal PPDB Jalur Zonasi berakhir pada hari ini tanggal 16 Juni 2021.

“Mereka yang terdaftar dan diterima pada jalur lainnya, tidak bisa mengikuti pada jalur zonasi. Dan sebaliknya, jika sebelumnya mendaftar pada jalur misal prestasi rapor namun tidak diterima, bisa mengikuti jalur zonasi tanpa buat akun lagi,” ungkapnya

Diketahui, proses selanjutnya adalah pengumuman pada tanggal 18 Juni 2021 pukul 07.30 WIB. Pengumuman bisa dilihat melalui internet atau pada sekolah masing-masing.

Bagi peserta yang diterima, nantinya akan mendapat jatah waktu selama dua hari untuk melakukan daftar ulang. Terhitung mulai tanggal 18 sampai 19 Juni 2021, dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB.

Selain menyediakan posko PPDB, untuk warga yang masih mengalami kesulitan atau keluhan mengenai informasi PPDB, dapat menghubungi call center resmi Disdikbud Kota Malang di 081917178853.

Akan tetapi untuk mengakses nomor tersebut, masyarakat diwajibkan hanya menghubungi via chat. Alasannya karena pelayanan call center tidak menerima panggilan telepon.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Wahyu

About the Author: Wahyu Setiawan

Paling suka jalan-jalan; lebih senang baca novel; sering nonton film bergenre Adventure, Comedy, Horror, Animation, Fantasy & Romance; sedang banyak belajar menulis berita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *