Diskopindag Kota Malang Punya Klinik Bisnis Untuk UMKM

BALAIKOTA, Malangpost.id – Mungkin belum banyak yang tahu jika Dinas Koperasi Industri dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang memiliki program Klinik Bisnis bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Menurut Ir. Asih Siswanti Kepala Seksi Pengembangan dan Penguatan Usaha Diskopindag Kota Malang, klinik bisnis merupakan program kerja yang bisa memfasilitasi segala hal yang dibutuhkan oleh UMKM.

“Di klinik bisnis itu banyak sekali kita mengulas hal-hal yang bisa digunakan mengembangkan produk dan itu gratis,” tuturnya, Kamis (1/7)

Hal yang diulas tersebut seperti dalam hal perizinan, pemasaran, dan juga berbagai macam pelatihan yang bermanfaat bagi pelaku UMKM. Sehingga menurutnya, program ini harus dimanfaatkan oleh UMKM.

“Jadi rugi kalau tidak dimanfaatkan, karena apa pun yang menyangkut UMKM itu ada di klinik bisnis. Semua di bantu dan gratis,” tuturnya

Teknis pelaksanaan Klinik Bisnis adalah dengan mendatangkan para konsultan UMKM yang dianggap berpengalaman dalam bidangnya masing-masing.

Baca juga : Dalam Hal Dana Pinjaman Modal, Diskopindag Himbau UMKM Selalu Crosscheck Informasi

Dalam pelaksanaannya dilakukan setiap hari Selasa dan Kamis, secara luring biasanya bertempat di Ruang Rapat Diskopindag Kota Malang. Dan terkadang juga dilakukan secara daring melalui aplikasi zoom.

Dirinya lantas menjelaskan, pihaknya juga memfasilitasi penyaluran dana bantuan dari  Kementerian Koperasi dan UKM.

“Kita ada bantuan dari kementerian berupa modal sejumlah Rp. 7 Juta, itu pun tidak ada syarat tertentu. Hanya membuat proposal yang itu juga kita bimbing dan kita bantu,” tegasnya

Semua informasi tentang program Klinik Bisnis Diskopindag Kota Malang tersebut, dapat dilihat melalui akun Instagram “klinikbisnis.diskopindag”.

“UMKM hanya tinggal ikuti akun Instagram kami di Klinik Bisnis Diskopindag. Jadi masyarakat tidak usah takut, kami membantu masyarakat secara menyeluruh,” pungkasnya.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Wahyu

About the Author: Wahyu Setiawan

Paling hobi jalan-jalan; lebih senang baca novel; suka nonton film bergenre Adventure, Comedy, Horror, Animation, Fantasy & Romance.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kunjungi Alamat Baru Kami

This will close in 0 seconds