Menarik, Tahanan Polresta Malang Turut Mengikuti Upacara Kemerdekaan ke-76 RI di Sel

BALAIKOTA, Malangpost.id – Pelaksanaan Upacara peringatan Hari Kemerdekaan yang ke-76 RI. Ketika detik-detik proklamasi virtual turut serta diikuti oleh para tahanan di rumah tahanan (Rutan) Polres Malang, Selasa (17/8).

“Mereka (para tahanan, red) juga mengikuti upacara peringatan detik-detik proklamasi secara virtual didalam ruang tahanan dengan prokes ketat. Keinginan mereka kami fasilitasi,” ucap Kasat Tahti Polres Malang, Iptu Budiono, Selasa (17/8).

Budiono mengatakan jika para tahanan yang berjumlah 75 orang tersebut dengan khidmat mengikuti upacara peringatan detik-detik proklamasi secara virtual. Dalam upacara tersebut mereka juga menggunakan pita merah putih melingkar di kepala.

“Pita itu kami beri, untuk aksesoris para tahanan dalam upacara ini. Hal tersebut merupakan suatu bentuk nasionalisme bagi warga negara Indonesia meski berstatus tahanan,” katanya.

Menariknya dari salah satu tahanan yang enggan disebutkan namanya menyampaikan, jika kegiatan upacara tersebut merupakan inisiatif dari para tahanan.

Baca juga : Peringatan HUT RI ke-76, Pemkot Blitar Bersama Forkopimda Lakukan Upacara Ziarah di TMP Raden Wijaya

“Ini inisiatif kami semua (Para tahanan, red) untuk ikut memperingati HUT Ke-76 RI,” ujarnya.

Para tahanan pun sepakat dan berkoordinasi dengan penjaga ruang tahanan, dalam hal ini Iptu Budiono, supaya diijinkan untuk mengikuti upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan Ke-76 RI.

“Setelah berkoordinasi dengan penjaga, dan diijinkan mengikuti upacara peringatan HUT Ke-76 RI secara virtual,” tuturnya.

Para tahanan juga berterima kasih kepada Polres Malang, karena sudah mengapresiasi dan memfasilitasi para tahanan untuk melaksanakan Upacara peringatan detik-detik proklamasi secara virtual.

“Saya mewakili para tahanan sangat senang, sudah diberi apresiasi kepada bapak-bapak penjaga ruang tahanan, karena sudah diberikan kesempatan dan fasilitas untuk mengetahui upacara HUT RI kali ini walau dengan sangat sederhana,” tandasnya.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Redaksi

About the Author: Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *