Korsleting Panel Listrik, Pabrik Pemotongan Kayu Rugi Rp 50 Juta

BALAIKOTA, Malangpost.id – Keheningan menyelimuti Jl. Kolonel Sugiono No. 22, Desa Ciptomulyo, Kecamatan Sukun, Sabtu pagi (21/8). Hal ini dikarenakan kebakaran yang terjadi di Pabrik Pemotongan Kayu CV H Rois & Sons.

Peristiwa itu sendiri terjadi sekitar pukul 00.05. Api melahap areal pabrik seluas 3×2 meter persegi. Untuk pertama kalinya, M. Kholis, 58 tahun, melihat asap hitam disertai warna merah, yang langsung memanggil warga dan memadamkan api.

“Ya awalnya warga memadamkan api secara sederhana, namun api semakin meluas dan akhirnya warga memanggil petugas pemadam kebakaran,” jelas Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Malang, M. Teguh Budi Wibowo dilansir dari Radar Malang, Sabtu (21/8).

Dalam kejadian itu, api cepat menyebar karena area pabrik dipenuhi barang-barang yang mudah terbakar. “Ya, di sekitar sumber api banyak tumpukan kayu, jadi kalau dipadamkan malah membesar,” imbuhnya. Teguh menuturkan, terjadi korsleting di salah satu mesin pemotong kayu. “Jadi panel listrik korsleting, lalu menimbulkan percikan api,” katanya.

Butuh waktu sekitar 20 menit bagi petugas pemadam kebakaran untuk memadamkan dan membasahi area yang terbakar. “Pukul 00.35 kami kembali ke markas, dalam kejadian ini kami mengerahkan 15 personel dengan tiga unit mobil pemadam kebakaran,” ujarnya. Kerugian akibat peristiwa ini ditaksir mencapai Rp. 50 juta. “Itu perkiraan dari penanggung jawab pabrik,” pungkasnya.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Maharani

About the Author: Maharani Safitri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *