Layanan Air Bersih Bermasalah, Dirut Tugu Tirta Ungkap Pelakunya

BALAIKOTA, Malangpost.id – Belakangan ini warga Kota Malang mengeluhkan belum optimalnya pelayanan air bersih yang dilakukan Perumda Tugu Tirta Kota Malang. Hal ini diketahui dari media sosial Instagram mereka @perumdatugutirta. Mayoritas warga mengeluhkan air di rumahnya sering mati atau alirannya terlalu kecil.

Ternyata pelakunya adalah kerusakan pada pompa Wendit III yang sudah berlangsung sejak akhir Juli lalu. Kerusakan tersebut menyebabkan penurunan distribusi ke beberapa waduk air yaitu waduk Mojolangu, waduk Tlogomas, waduk Betek dan waduk Buring. Akibatnya, distribusi air ke pelanggan yang masuk ke zona-zona tersebut terhambat pada jam-jam tertentu.

“Dari hasil pemeriksaan diketahui kedua motor pompa Wendit III mengalami kegagalan isolasi yaitu korsleting antar lilitan pada kumparan. Hal ini menyebabkan motor pompa tidak bekerja dengan baik,” jelas Direktur Utama Perumda tersebut. Air Minum Tugu Tirta Kota Malang, M Nor Muhlas dilansir dari Radar Malang, Rabu (25/8).

Perumda Tugu Tirta saat ini sedang memperbaiki pompa, meski belum tahu sampai kapan masalah ini bisa segera ditangani. Salah satu upaya yang saat ini dilakukan Perumda Tugu Tirta adalah meningkatkan pengawasan dan pemeriksaan sistem kelistrikan.

Antisipasi Agar Kerusakan Pompa Tidak Terjadi Lagi.

Kemudian, perbaiki perangkat sistem kelistrikan yang tidak berfungsi dengan baik. Serta memperbaiki motor pompa cadangan yang juga mengalami kerusakan. Hal ini dilakukan sebagai langkah antisipasi agar kerusakan pompa tidak terjadi lagi.

“Sebelum kejadian ini, sebenarnya kami sudah mengantisipasi dengan pengadaan pompa melalui lelang. Namun, lelang tersebut gagal karena penawar gagal atas kelengkapan atau ketidaksesuaian administrasi,” jelas Muhlas.

Lebih lanjut Muhlas menjelaskan, guna mempercepat penanganan pelayanan, secara paralel Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang juga melakukan servis pompa yang rusak. Selain itu, pihaknya telah melakukan proses pengadaan pompa baru sebagai langkah peningkatan keandalan produksi air di rumah pompa Wendit III.

“Kami berharap proses lelang dapat berjalan lancar, sehingga percepatan perbaikan pompa dapat dilakukan dengan baik dan pelayanan air dapat segera normal kembali.” dia berkata

Muhlas menghimbau, untuk saat ini, pelanggan rajin mengumpulkan air saat air mengalir sebagai suplai. Pelanggan juga dapat meminta pengiriman tangki air gratis dengan menghubungi 0816550800.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Maharani

About the Author: Maharani Safitri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *