Siap Beroperasi, Mall di Malang Tinggal Tunggu Izin Uji Coba

BALAIKOTA, Malangpost.id – Pemerintah Kota Malang masih mencari cara agar pemerintah pusat memberikan kelonggaran dalam perpanjangan PPKM Tingkat 4. Terutama terkait kegiatan ekonomi di fasilitas tertentu, seperti mall atau pusat perbelanjaan. Apalagi pengelola mal di Kota Malang juga sudah menyatakan siap jika sewaktu-waktu diperbolehkan beroperasi.

“Kami siap kapan mal bisa beroperasi. Kesembilan mal yang tergabung dalam APPBI juga sudah siap semua, barcode scan sudah disiapkan untuk masing-masing mal,” kata Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DPC Malang Suwanto dilansir dari Radar Malang, Kamis (26/8).

Ia menambahkan, pihak mal juga tidak melupakan protokol kesehatan sebelumnya, seperti tempat cuci tangan dan pengukur suhu bagi pengunjung atau thermo gun. Padahal, pemilik mal Legowo, jika ada pembatasan pengunjung, hanya 50 persen dari kapasitas.

“Meskipun akan ada pembatasan, seperti jam operasional hanya pukul 20.00 WIB. Yang terpenting kita bisa buka kembali,” imbuhnya.

Masih menurut Wanto, waktu persiapan yang ideal untuk sebuah mal beroperasi hanya satu atau dua hari. Persiapannya pun tidak memakan waktu lama, karena pemeliharaan pusat perbelanjaan terus dilakukan, meski belum beroperasi secara maksimal.

Sebelumnya, Walikota Malang Sutiaji mengajukan proposal pembukaan mal langsung ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Pihaknya berharap pusat perbelanjaan dapat beroperasi seperti di daerah lain yang menerapkan PPKM Level 4, namun pusat perbelanjaan sudah mulai diuji coba untuk dibuka.

“Alasannya karena kasus kami sangat menurun. Tingkat positif kami adalah 4,7 persen. Kasus aktif juga turun. Isoman beberapa hari kita akan memindahkan semuanya ke isoter. Kami sudah cek isoman, sekarang belum mencapai 100 orang,” kata orang nomor satu di Kota Malang itu.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Maharani

About the Author: Maharani Safitri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *