Pemkot Batu Mulai Berikan Vaksinasi Untuk Ibu Hamil

BATU, Malangpost.id – Guna upaya mempercepat terbentuknya Herd Immunity, Pemerintah Kota Batu mulai melaksanakan vaksinasi untuk ibu hamil di Kota Batu.

Pemerintah Kota Batu bersama Tim Penggerak PKK Kota Batu dan Dinas Kesehatan menggelar “Sosialisasi Vaksin Ibu Hamil dengan TP PKK Desa/Kelurahan se-Kota Batu” secara virtual, Jumat (27/08) pagi.

Ketua TP PKK Kota Batu Wibi Asri Punjul Santoso, mengatakan, angka kematian pada ibu hamil meningkat ditengah Pandemi Covid-19.

“Tahun 2020 angka kematian ibu hamil hanya sebanyak 2 kasus, meningkat menjadi 9 kasus di tahun 2021. Dengan adanya vaksinasi ini harapannya dapat memberikan kekebalan fisik selama masa kehamilan,” kata Wibi.

Sebelumnya, sebanyak 10 ibu hamil telah menerima vaksinasi di IPHI Kota Batu pada Kamis, 19 Agustus 2021. Untuk tahap pertama, Dinkes menargetkan vaksinasi untuk 100 ibu hamil di Kota Batu.

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko, mengatakan, vaksinasi ini adalah upaya dari Pemerintah Kota Batu untuk menanggulangi penyebaran Covid-19.

“Bagi ibu hamil yang sudah memenuhi syarat dan kondisinya bisa menerima vaksin, segera lakukan vaksinasi. Tidak perlu khawatir,” ujarnya.

Adapun syarat yang harus dipenuhi ibu hamil sebelum divaksinasi Covid-19 antara lain usia kandungan tidak kurang dari 13 minggu. Idealnya adalah 13 minggu sampai 33 minggu.

Selain itu tekanan darah normal, tidak sedang menjalani pengobatan dan jika memiliki komorbid harus dalam kondisi terkontrol, serta tidak mempunyai gejala atau keluhan pre eklampsia.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Redaksi

About the Author: Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *