Indahnya Kota Batu, Layaknya Swiss Kecil di Pulau Jawa

BATU, Malangpost.id – Kota Batu menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia. Banyak sekali objek wisata menarik yang bisa dikunjungi, mulai dari wahana permainan dan objek wisata alam yang menyegarkan.

Namun siapa sangka, Kota Batu juga pernah mendapatkan julukan sebagai De Kleine Zwitserland alias Swiss Kecil di Pulau Jawa dari orang-orang Eropa zaman kolonial.

Sebab itu, untuk mengobati rasa rindu akan keindahan Swiss, konon orang-orang Eropa yang ada di Indonesia akan berkunjung dan menyepi ke Kota Batu.

Jika diperhatikan, Kota Batu memang berada dalam kawasan lembah. Terlebih juga banyak vila dan resort yang didirikan dalam apitan bentang alam pegunungan tersebut.

“Dulu kenapa dijuluki Swiss Kecil, karena Kota Batu berlembah-lembah dan udaranya sangat dingin, kondisi itu sama seperti Swiss,” jelas Winarto, Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata Kota Batu.

Tetapi menurut Winarto, kini Kota Batu yang berada dalam kawasan perbukitan sudah tidak terlalu hijau, sehingga Kota Batu sebagai Swiss Kecil mulai ada pergeseran.

“Udara juga tidak sedingin dulu. Tapi sejak zaman Belanda dulu hingga hari ini, Kota Batu masih tetap menjadi tempat wisata,” tekannya.

Jika dilihat dari banyaknya bangunan khas Eropa, ungkap Winarto adalah bekas dari tempat peristirahatan orang-orang Belanda yang dulu sering singgah ke Kota Batu untuk rekreasi.

“Jadi bukan bangunan-bangunan pemerintah, mereka (orang Belanda, red) dari Kota Malang naik ke Batu untuk rekreasi,” imbuhnya.

Selain itu, ia menambahkan, saat kota lain bingung akan kunjungan wisata, Kota Batu justru berada pada kondisi sebaliknya.

Terbukti saat adanya kelonggaran kebijakan PPKM, Kota Batu langsung penuh diserbu oleh para wisatawan dari berbagai daerah.

Sebelumnya Kota Batu merupakan bagian wilayah administrasi dari Kabupaten Malang. Seiring berjalannya waktu, Kota Batu terus mengalami perkembangan.

Selanjutnya tepat pada tanggal 17 Oktober 2001 lalu, Kota Batu resmi menjadi daerah otonom yang terpisah dari Kabupaten Malang.

Ini menandakan, bahwa 17 Oktober tahun 2021 ini Kota Batu akan memasuki usia ke-20 tahun.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Wahyu

About the Author: Wahyu Setiawan

Paling suka jalan-jalan; lebih senang baca novel; sering nonton film bergenre Adventure, Comedy, Horror, Animation, Fantasy & Romance; sedang banyak belajar menulis berita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *