Diskominfo Dorong Pemanfaatan WiFi untuk Maksimalkan Potensi Wilayah

BALAI KOTA, Malangpost.id – Sejak tahun 2020 lalu, Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) telah berhasil memasang WiFi gratis di 551 titik RW wilayah Kota Malang.

Kepala Diskominfo Kota Malang Muhammad Nur Widianto bercerita, awalnya program WiFi gratis distimulus oleh kondisi pandemi Covid-19 yang berpengaruh terhadap proses pembelajaran.

Dimana pada puncak pandemi antara tahun 2020 sampai 2021, membuat pembelajaran tidak bisa terlaksana secara luring atau tatap muka. Sementara tidak semua wali siswa atau siswa memiliki fasilitas untuk menunjang pembelajaran daring.

“Awalnya di-trigger atau entry point-nya pada saat kondisi pandemi Covid. Itu terjadi perubahan kondisi, salah satunya berkaitan dengan proses pembelajaran,” ungkap Widi, Jumat (19/11/2021).

Meskipun adanya program WiFi gratis berawal dari upaya mempermudah proses pembelajaran daring. Namun untuk saat ini, program WiFi gratis di 551 titik RW tersebut tidak hanya digunakan untuk aktivitas pembelajaran saja.

iklan-dinas-kominfo

Mengingat Kota Malang sudah masuk zona PPKM level 2, dan pembelajaran bisa terlaksana secara tatap muka terbatas di sekolah.

Baca Juga: Diskominfo Kota Batu Akan Pasang Free WiFi di Area Publik

“Tentu semakin kesini pemanfaatannya tidak semata hanya berbicara dengan proses pembelajaran. Tapi yang paling utama, keberadaan WiFi ini mampu menopang upaya untuk membangun Smart City,” tegas Widi.

Maksimalkan Potensi Masing-masing Wilayah RW

Maka dari itu, pihaknya mendorong keberadaan WiFi gratis dimanfaatkan oleh lingkungan sekitar. Tujuannya, untuk memaksimalkan dan mengoptimalkan potensi yang dimiliki oleh masing-masing wilayah.

“Salah satu yang kita dorong itu UMKM, dimana banyak UMKM yang berkembang di masing-masing wilayah RW,” imbuh Widi.

Terlebih menurutnya, kini tren pemasaran berbasis online sudah marak terjadi. Itu sekaligus membuktikan, bahwa selama krisis pandemi, salah satu kontributor penopang ekonomi Kota Malang adalah bisnis berbasis online.

Oleh karenanya, pengembangan apa pun yang berbasis digital bisa dorong menggunakan layanan WiFi gratis.

Baca Juga: Jalin Silaturahmi, Diskominfo Kota Batu Gelar Sarasehan Pers

“Mohon dimanfaatkan keberadaan WiFi ini. Stake holder yang ada bersama rekan-rekan pemangku wilayah kelurahan dan kecamatan ayo kita lakukan edukasi untuk pemanfaatan Wifi tersebut,” pesannya saat ditemui Malangpost.id.

Widi menekankan, masyarakat hanya tinggal memfungsionalkan keberadaan WiFi gratis. Sebab untuk pembayaran WiFi, sudah masuk dalam intervensi Diskominfo Kota Malang.

“Kita bicaranya untuk membangun ekosistem, dalam membangun ekosistem tidak semata hanya saat pandemi Covid-19. Tapi itu hanya saja trigger-nya bertepatan saat pandemi Covid,” ujar Widi.

“Artinya pandemi memberi hikmah tersendiri,” pungkas mantan Kabag Humas Pemkot Malang ini.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Wahyu

About the Author: Wahyu Setiawan

Paling hobi jalan-jalan; lebih senang baca novel; suka nonton film bergenre Adventure, Comedy, Horror, Animation, Fantasy & Romance.

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *