Sambut Hari Raya Nyepi, Kawasan Wisata Bromo Ditutup pada 3-4 Maret 2022

UPDATEKOTA, malangpost.id – Menjelang Hari Raya Nyepi besok, kawasan wisata Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) akan ditutup pada 3-4 Maret 2022. Penutupan tempat wisata Bromo dimulai Kamis dinihari pukul 00.00 WIB hingga Jumat pagi pukul 05.00 WIB.

Kawasan wisata yang ada di wilayah Jawa timur ini ditutup atas permintaan warga Tengger dan dan Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) untuk melaksanakan ritual Nyepi 1944 Saka atau Pergantian Tahun Baru Saka yang jatuh pada 3 Maret 2022.

Hal ini disampaikan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) Novita Kusuma Wardani sebagaimana kami lansir dari Antara.

“Kegiatan di kawasan wisata Bromo ditutup total mulai 3 Maret pukul 00.00 WIB hingga 4 Maret pukul 05.00 WIB,” kata Novita.

“Penutupan wisata di Bormo tertuang dalam Pengumuman BB TNBTS Nomor PG.01/T.8/BIDTEK/BIDTEK.1/KSA/3/2022 yang dikeluarkan pada 1 Maret 2022,” lanjutnya.

Novita juga mengungkapkan, ada sejumlah jalur wisata Bromo yang ditutup pada waktu tersebut.

“Penutupan jalur dari arah Kabupaten Probolinggo akan dilakukan di Desa Wonokerto, Kecamatan Sukapura,” kata Novita.

Sementara penutupan jalur wisata dari arah Pasuruan dimulai di Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari.

“Untuk penutupan dari arah Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, akan ditutup di Jemplang,” tambah Novita.

Menurut Kepala Sub Bagian Data, Evaluasi dan Humas BB-TNBTS Syarif Hidayat, kebijakan penutupan tempat wisata Bromo untuk menghormati ritual Nyepi yang dilaksanakan oleh sebagian besar umat Hindu Tengger.

“Penutupan kawasan wisata Bromo pada Hari Raya Nyepi selalu kami lakukan di tahun-tahun sebelumnya,” terang Syarif.

Hari Raya Nyepi adalah ritual yang biasa dilakukan oleh umat Hindu di Tanah Air untuk menyambut Tahun Baru Saka. Ada beberapa rangkaian Hari Raya Nyepi, mulai dari Melasti, Tawur Kesangan, Nyepi dan Ngembak Geni.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

desi3

About the Author: desi3

Seorang 'bibiliophile' yang jatuh cinta dengan Himalaya dan fans berat warna biru.~ travel to fulfill your soul ~

1 Comment

  1. Your article helped me a lot, is there any more related content? Thanks! https://accounts.binance.com/kz/register-person?ref=53551167

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kunjungi Alamat Baru Kami

This will close in 0 seconds