Longsor di Tol Pandaan-Malang, Pengendara Diminta Waspada karena Berpotensi Terjadi Longsor Susulan

UPDATEKOTA, malangpost.id – Pasca terjadi longsor di Tol Pandaan-Malang pada Selasa, 8 Maret 2022, pengendara yang melintas jalur tersebut diminta waspada. Menurut Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta, ada satu titik yang perlu diwaspadai karena berpotensi terjadi longsor susulan.

“Setelah kejadian, ada satu titik yang kami waspadai. Jadi, ada dua titik yang sudah longsor dan satu titik kami waspadai,” kata Nico sebagaimana kami kutip dari Antara, Kamis 10 Maret 2022.

Pada Rabu, 9 Maret 2022 Nico mengunjungi lokasi longsor yang terjadi di Jalan Tol Pandaan-Malang kilometer 78 di Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang. Dalam kunjungannya tersebut, Nico mengecek kondisi jalan yang tertutup material longsor dan arus lalu lintas di kawasan tersebut.

“Kami melakukan kunjungan ke sini untuk melihat kondisi longsor. Dari tiga titik longsor yang terjadi, satu di antaranya kami waspadai,” ungkapnya.

“Ini (pembersihan) setelah longsong masih berlangsung. Saya kira tim masih bekerja. Harapannya nanti sore (Rabu) sudah selesai semuanya,” tambahnya.

Nico mengatakan pihaknya terus berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Bina Marga Provinsi Jawa Timur, BPBD dan pengelola jalan tol Jasa Marga untuk melakukan upaya antisipasi terjadinya longsor susulan.

“Kami koordinasi untuk melakukan pengecekan dan perbaikan, serta pembersihan supaya kendaraan bisa melintas kembali,” katanya.

Lebih lanjut Nico mengatakan akan melakukan patrol rutin dan berkala di kawasan tol Pandaan-Malang untuk mengantisipasi peristiwa serupa.

“Bersama pihak pengelola tol kami akan mengecek secara rutin untuk melihat kondisi tebing yang berada di samping tol,” tambahnya.

Apabila ada tebing yang berpotensi mengalami longsor, Nico akan meminta pihak pengelola tol dan pemerintah daerah untuk melakukan penguatan penahan tebing.

“Kami tadi melihat salah satu tebing terdapat garis air. Kami berharap pihak pengelola tol dan pemerintah daerah melakukan penguatan material,” ujarnya.

Harapannya, agar pengendara yang melalui tol dapat melintasi jalan tol secara aman.

Pada Selasa, 8 Maret 2022 terjadi tanah longsor di jalur tol Pandaan-Malang Km78+900.

Tebing di Km78+900 tol Pandaan-Malang mengalami longsor sekitar pukul 15.00 WIB. Penyebab longsor karena hujan deras yang mengguyur kawasan itu. Material longsor menutup ruas jalan tol yang mengakibatkan akses kendaraan dialihkan untuk keluar dari jalan tol.

Hingga Rabu siang, sejumlah personel Jasa Marga masih melakukan proses pembersihan material longsor di tol Pandaan-Malang Km78+900. Sejumlah alat berat diturunkan dalam proses pembersihan tempat longsor terjadi. Saat ini, kendaraan yang menuju arah Surabaya maupun Malang sudah bisa melintas tol tersebut.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

desi3

About the Author: desi3

Seorang 'bibiliophile' yang jatuh cinta dengan Himalaya dan fans berat warna biru.~ travel to fulfill your soul ~

1 Comment

  1. I’ve read a few just right stuff here. Definitely worth bookmarking for revisiting. I wonder how a lot attempt you put to create any such wonderful informative website.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kunjungi Alamat Baru Kami

This will close in 0 seconds