BI Malang Buka Tiga Layanan Penukaran Uang, Cek Lokasi dan Jadwalnya!

BALAI KOTA, Malangpost.id – Guna memenuhi kebutuhan selama Ramadhan dan Lebaran 2022, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Malang (BI Malang) menyediakan Rp 4,6 triliun uang kartal baru.

Bank Indonesia memprediksi kebutuhan uang kartal selama Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini bakal meningkat. Mulai dari pecahan Rp 2.000, Rp 20 ribu, hingga pecahan Rp 50 ribu.

Melansir dari Antara, Kepala KPw BI Malang Samsun Hadi mengatakan langkah tersebut bertujuan untuk memenuhi uang tunai masyarakat. Hal ini seiring dengan semakin membaiknya perekonomian dan semakin terkendalinya pandemi Covid-19.

Baca Juga: Cinta Rupiah Lewat Sejarah, BI Corner Perpustakaan Pusat UIN Malang Adakan Virtual Tour di Museum Bank Indonesia

Terlebih, pemerintah juga memberi berbagai kelonggaran dalam beraktivitas. Seperti memperbolehkan mudik dan juga penetapan cuti bersama.

Sehingga BI memperkirakan akan terjadi peningkatan juga dalam ekonomi dan pembayaran. Baik tunai maupun non tunai.

Layanan Kas Keliling Ritel

Sebab itu, pihaknya bakal memenuhi kebutuhan masyarakat dalam penukaran uang di bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1442 Hijriah. Caranya dengan membuka layanan penukaran uang melalui Kas Keliling Ritel.

Jadwal Kas Keliling Ritel terlaksana sebanyak empat kali. Yakni tanggal 7 dan 21 April 2022 berada di Markas Brimob Ampeldento Kabupaten Malang.

Baca Juga: Sasar Pelajar, OJK Ingin Tingkatkan Literasi Keuangan Sejak Dini

Sedangkan pada tanggal 14 dan 28 April 2022 berada di Area Parkir Gedung Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang (UM).

Hadi mengatakan, bagi masyarakat yang ingin menukarkan uang melalui Kas Keliling Ritel harus melakukan pendaftaran daring lewat aplikasi PINTAR (http://pintar.bi.go.id).

Nantinya masyarakat hanya perlu menunjukkan bukti pemesanan beserta KTO sebagai proses verifikasi.

Layanan Kas Keliling Drive Thru dan Loket Perbankan-Perbarindo

Selain itu, BI Malang juga membuka layanan penukaran uang melalui Kas Keliling Drive Thru serta layanan penukaran uang melalui loket perbankan dan Perbarindo sebagai alternatif lain.

Baca Juga: Tips Mengatur Keuangan di Masa Pandemi yang Sulit Ini

Jadwal Kas Keliling Drive Thru bakal terselenggara pada tanggal 25 sampai 28 April 2022 di gedung Graha Cakrawala UM.

“Penukaran uang ini bagi masyarakat yang ingin menukar uang secara praktis sambil berkendara. Kas Keliling Ritel maupun Kas Keliling Drive Thru memiliki jam operasional terbatas, yakni pukul 10.00–12.00 WIB,” ujarnya.

Sementara itu, untuk layanan penukaran uang melalui loket perbankan dan Perbarindo akan dilakukan secara serentak pada tanggal 25-28 April 2022.

Layanan itu tersebar di beberapa kota/kabupaten. Seperti Malang, Batu, Pasuruan dan Probolinggo.

Samsun Hadi meneruskan, KPw BI Malang bekerja sama dengan perbankan dan Perbarindo dengan membuka 100 titik layanan penukaran di loket perbankan dan 39 titik layanan penukaran di loket Perbarindo.

Dengan meluasnya titik penukaran, ia berharap kebutuhan masyarakat akan uang baru di berbagai lokasi dapat terpenuhi.

Jumlah uang yang bisa masyarakat tukarkan di tiga layanan tersebut adalah Rp 3,7 juta. Terdiri atas pecahan Rp 2.000 sampai Rp 20.000. Semua layanan yang BI Malang sediakan bersifat gratis tanpa biaya.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Wahyu

About the Author: Wahyu Setiawan

Paling hobi jalan-jalan; lebih senang baca novel; suka nonton film bergenre Adventure, Comedy, Horror, Animation, Fantasy & Romance.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kunjungi Alamat Baru Kami

This will close in 0 seconds