Seminggu Menjelang Lebaran, Tol Pandaan-Malang Masih Sepi Pemudik

KANJURUHAN, Malangpost.id – Hingga Rabu (27/4/2022) atau tujuh hari menjelang lebaran, arus kendaraan di gerbang pintu Tol Singosari, Kabupaten Malang, terlihat masih sepi dari pemudik.

Keramaian volume kendaraan hanya terjadi saat keluar dari pintu Tol Singosari. Hal ini karena adanya traffic light yang berdiri di persimpangan Karanglo tersebut.

Kendaraan mayoritas adalah mobil pribadi yang melakukan perjalanan dari daerah luar Malang Raya. Seperti Pasuruan, Surabaya, dan Gresik. Sedangkan lainnya, merupakan kendaraan pengangkut barang yang pergi dari Tol Singosari.

“Sejauh ini belum terjadi kepadatan arus lalu lintas di Tol Pandaan-Malang. Pantauan arus lalu lintas masih terpantau lengang,” ucap GM Operasional PT Jasamarga Pandaan Malang (JPM), Indrawan Agustono seperti dilansir dari Tribunjatim.

Berdasarkan data JPM sebanyak 44.791 kendaraan terpantau keluar masuk melalui Tol Pandaan Malang, tercatat hingga pukul 12:00 WIB. 

Dari jumlah 5 gerbang pintu tol yang ada di Tol Pandaan-Malang, sejumlah 9.372 kendaraan yang masuk dan 10.484 kendaraan yang keluar lewat Tol Singosari.

Di lain sisi, terdapat 4.404 kendaraan yang keluar dan 3.686 kendaraan yang masuk melalui pintu Tol Malang. Jumlah kendaraan ini masih terbilang cukup sepi jika dibandingkan dengan jumlah volume kendaraan pada hari normal lainnya.

“Jumlah ini sebenarnya cenderung lebih landai dibandingkan dengan hari normal. Kalau hari normal bisa sampai 10.000-12.000 kendaraan,” ucap Indrawan.

Ia memperkirakan puncak keramaian kendaraan di Tol Pandaan-Malang akan berlangsung pada saat hari H lebaran hingga kurang lebih 7 hari setelah lebaran.

Mengingat pada waktu tersebut akan banyak pemudik yang memanfaatkan waktu mereka untuk berlibur ataupun sekedar melintas melewati daerah Malang Raya. Baik itu ke Kota Batu, Kota Malang, maupun Kabupaten Malang.

“Karena Tol Pandaan-Malang merupakan tol tujuan wisata ke wilayah Malang Raya, jadi banyak wisatawan yang melewati tol ini. Biasanya terjadi saat hari H sampai H+7 Lebaran. Kalau sekarang ini masih belum terasa peningkatannya,” bebernya.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Muhammad aliffachry daffa

About the Author: Muhammad aliffachry daffa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kunjungi Alamat Baru Kami

This will close in 0 seconds