7 Skill yang Perlu Dimiliki Anak Sebelum Masuk Taman Kanak-kanak

PAUD, malangpost.id – Bagi orang tua yang memiliki balita dan sedang bersiap untuk masuk taman kanak-kanak, sebaiknya cek dulu apakah buah hati sudah memiliki kemampuan untuk masuk sekolah. Skill pada balita berkaitan dengan kesiapan masuk taman kanak-kanak (TK) yang akan mendukung si kecil untuk berinteraksi di kelompok bermain atau prasekolah.

Meskipun perkembangan setiap anak berbeda, setidaknya ada beberapa skill yang perlu dimiliki buah hati sebelum masuk TK.

Berikut beberapa diantaranya.

Mampu berinteraksi

Saat masuk TK, anak akan berinteraksi dengan anak-anak lain. Anda bisa mempersiapkan kemampuan bersosialisasi si kecil dengan mengenalkan konsep berbagi dan bergiliran.

Bisa duduk tenang dan fokus

Salah satu skill pada balita yang seharusnya sudah dimiliki adalah bisa berkonsentrasi selama waktu yang sama dengan usianya. Misalnya anak usia empat tahun seharusnya sudah bisa berkonsentrasi selama empat menit.

Jika si kecil masih kesulitan, tak perlu khawatir. Dengan masuk ke TK, lingkungan di sekolah mungkin bisa membantu meningkatkan kemampuannya untuk fokus pada sesuatu.

Baca juga: Bagaimana Menerapkan Tanggung Jawab Sejak Dini Kepada Si Balita?

Lulus training toilet

Sebelum memasukkan anak ke TK, informasikan mengenai kemampuan toilet training buah hati. Jika ia belum lulus dari latihan ini, apakah sekolah bisa membantu si kecil melewati saat-saat ini? Anda bisa mengajarkan si kecil untuk mandiri ke toilet sebelum ia masuk TK.

Mampu mengikuti aturan sederhana

Skill pada balita berikutnya yang perlu dimiliki sebelum masuk TK adalah bisa mengikuti aturan sederhana. Misalnya, berbaris satu persatu sebelum masuk kelas.

Mampu bercerita

Anak yang bersiap masuk ek TK setidaknya mampu menceritakan sebuah cerita sederhana sesuai dengan tingkat pemahaman mereka. Kemampuan bercerita pada anak akan melatih kemampuan si kecil berbicara di depan orang.

Baca juga: Perlukah Memasukkan Anak Ke Playgroup Sebelum TK?

Mandiri

Salah satu kemampuan yang perlu dimiliki si kecil sebelum masuk TK adalah mandiri. Setidaknya si kecil sudah bisa memakai dan melepas celana sendiri, menyiapkan peralatan sekolah, atau mengikat tali sepatu.

Itu tadi skill pada balita sebagai persiapan masuk TK. Jika buah hati belum menguasi ketrampilan yang diperlukan, Anda bisa mengajarinya dengan sabar dan menggunakan kata-kata yang mudah dipahami.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

desi3

About the Author: desi3

Seorang 'bibiliophile' yang jatuh cinta dengan Himalaya dan fans berat warna biru.~ travel to fulfill your soul ~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kunjungi Alamat Baru Kami

This will close in 0 seconds