UMKM Semakin Go Digital dengan Adanya Merger Gojek-Tokopedia

TRENDING, malangpost.id- Belum lama ini ramai diperbincangkan mengenai adanya merger yang dilakukan oleh Gojek dan Tokopedia. Pasalnya merger ini memberikan efek yang luar biasa. Tidak hanya bagi kawula muda yang semakin mudah untuk melakukan kegiatan belanja atau transportasi online, sejumlah pesaing mereka juga akan mendapat tekanan yang besar. Bersatunya perusahaan dalam negeri ini memberikan tanda yang amat baik bagi perekonomian bangsa.

Kolaborasi yang dilakukan oleh dua startup raksasa, Gojek dan Tokopedia, melalui pembentukan Grup GoTo diharapkan akan mempermudah pengadopsian teknologi digital oleh UMKM. Kombinasi bisnis GoTo juga diyakini akan mempercepat UMKM di Indonesia untuk segera naik kelas. Selama ini UMKM masih terhambat oleh perkembangan teknologi dan kalah saing dengan usaha yang siap secara modal dan kemampuan.

Cofounder UKM Indonesia Dewi Meisari Haryanti mengatakan kehadiran GoTo harus bisa menyederhanakan proses pengadopsian teknologi bagi UMKM. Apalagi kolaborasi dua startup ini akan membentuk super ekosistem bisnis digital yang menaungi jutaan UMKM. Penyederhanaan ini ditujukan untuk mempermudah dan mempercepat penerapan konsep yang akan diusung oleh GoTo.

Menurut Dewi integrasi kedua raksasa ini memungkinkan pelaku usaha kecil untuk lebih mudah memahami transaksi secara digital. Dengan fitur yang lebih lengkap dan tersedia dalam satu ekosistem tentunya teknologi GoTo akan semakin inklusif. Selain itu, manfaat lain dari kolaborasi teknologi dari kedua perusahaan raksasa itu adalah dapat menghadirkan efisiensi dalam hal edukasi pasar sehingga para merchant/seller bisa meningkatkan skalabilitas usahanya.

Itu sebabnya, kata Dewi, GoTo perlu mengalokasikan sumber daya yang besar untuk pemberdayaan merchant/seller yang aktif dan memberikan pendampingan yang dibutuhkan untuk mereka agar bisa naik kelas. Misalnya dari sebelumya level mikro menjadi usaha kecil dan seterusnya.

Dewi mengatakan, faktor penting lainnya dari kombinasi bisnis dalam GoTo adalah dalam hal logistik. Contohnya seperti layanan pengiriman same day atau instant di Tokopedia yang diharapkan bisa menjadi opsi pilihan.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

abirafdi

About the Author: abirafdi

Menjadi seorang penulis tidak hanya membutuhkan kemampuan dan pengetahuan saja. Passion juga dapat membantu saya untuk terus berkembang dan menjadi lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close