Pascasarjana UIN Malik Malang Gelar Orientasi bagi 259 Maba

KAMPUS, Malangpost.id – Selasa (8/2/2022) hingga Rabu (9/2/2022), Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim (Maliki) Malang menggelar “Orientasi Mahasiswa Baru Program Magister dan Doktor”.

Dalam gelaran yang terlaksana secara hybrid itu, semestinya diikuti oleh 259 mahasiswa baru (maba). Terdiri dari 48 mahasiswa program doktor, dan 211 mahasiswa program magister.

Akan tetapi dengan adanya jalur kerjasama, Direktur Pascasarjana UIN Maliki Malang Prof Dr H Wahidmurni MPd Ak memperkirakan jumlah tersebut akan bertambah.

“Akan bertambah sebanyak 32 orang di program magister untuk Program Studi Manajemen Pendidikan Islam dan Ekonomi Syariah,” imbuhnya, Selasa (8/2/2022).

Baca Juga: Pascasarjana UIN Maliki Malang Lakukan Orientasi Bagi Mahasiswa, Ini Tujuannya

Kepada Malangpost.id Prof Wahidmurni mengaku, gelaran orientasi mahasiswa baru rutin terlaksana setiap semesternya. Tujuannya untuk memperkenalkan budaya akademik di Pascasarjana UIN Maliki Malang.

“Khususnya bagaimana belajar di Pascasarjana, yang tentu akan sangat berbeda ketika mereka belajar di program sarjana,” sambung Prof Wahidmurni.

Ia meneruskan, gelaran tersebut juga akan disesuaikan dengan arah kebijakan rektorat. Yakni menuju world class university yang pelaku utamanya adalah seluruh civitas akademika UIN Maliki Malang.

Orientasi Kenalkan Mahasiswa Cara Belajar di Pascasarjana

Sebab itu, dalam orientasi ini mahasiswa akan pihaknya perkenalkan dengan cara belajar di Pascasarjana yang berfokus pada publikasi karya di level internasional.

Ia mengatakan bahwa nanti juga ada kegiatan lain. Seperti bimbingan teknis untuk mengakses sumber belajar online, penulisan karya ilmiah, dan penerbitan artikel. Semuanya itu demi mendukung capaian kompetensi para lulusan.

Prof Wahidmurni lantas berpesan, seluruh mahasiswa bisa belajar dengan sungguh-sungguh dan lulus tepat waktu. Caranya dengan memanfaatkan secara maksimal berbagai sumber belajar.

“Jadi gunakan waktu semaksimal mungkin, terlebih Perpustakaan UIN Maliki Malang sudah berlangganan jurnal atau artikel dan buku-buku dari penerbit bereputasi internasional,” tegasnya.

“Itu bisa diakses melalui sistem akademik masing-masing mahasiswa,” sambung Prof Wahidmurni.

Baca Juga: Begini Dukungan Pascasarjana Untuk Program 100 Hari Kerja Rektor UIN Maliki Malang

Terpisah Ketua Orientasi Dr H Sutaman MA menuturkan tema orientasi hampir mirip dengan tahun lalu. Yakni “Menyiapkan Mahasiswa Lulus Tepat Waktu” dengan kondisi memaksimalkan online.

Selain mengenalkan lingkungan akademis, ia menambahkan tujuan dari orientasi adalah untuk memberikan pola berlingkung dengan sosiologis yang ada di Pascasarjana UIN Maliki Malang dan memberikan pola psikologis.

“Ketiga hal itu yang sebetulnya kampus inginkan, sehingga mahasiswa bisa bersinergi dengan kita. Dengan demikian proses percepatan atau tepat waktu itu bisa dicapai,” imbuhnya.

Sutaman menuturkan, orientasi hari pertama berfokus pada kebijakan universitas dan pascasarjana. Sedangkan hari kedua berfokus pada program studi. Seperti sistem kuliah yang ada di S2 dan S3 UIN Maliki Malang.

“Kalau lihat dari data yang ada, mahasiswa banyak yang dari luar Malang. Harapannya, mendatang mahasiswa semakin enjoy dalam berproses pendidikan di S2 dan S3,” pungkasnya.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Wahyu

About the Author: Wahyu Setiawan

Paling hobi jalan-jalan; lebih senang baca novel; suka nonton film bergenre Adventure, Comedy, Horror, Animation, Fantasy & Romance.

1 Comment

  1. I don’t think the title of your article matches the content lol. Just kidding, mainly because I had some doubts after reading the article. https://accounts.binance.com/sk/register?ref=V2H9AFPY

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kunjungi Alamat Baru Kami

This will close in 0 seconds