Awas, Covid Kembali Meningkat di Indonesia Usai Lebaran

TRENDING, malangpost.id- Setelah libur lebaran usai, banyak sekali pergerakan masyarakat dari kota ke kota yang menyebabkan tingginya potensi penularan covid-19. Hal ini memang sudah disadari sebelumnya oleh pemerintah dan segera ditanggapi dengan cara melarang masyarakat untuk mudik ke kampung halaman.

Peningkatan kasus covid-19 mulai terlihat di pekan ini. Bila pada pekan sebelumnya kasus positif covid-19 ada di kisaran 3.800 hingga 4 ribuan, kasus harian beberapa hari ini di 5 ribuan. Meskipun angka tersebut masih kecil dibandingkan dengan lebaran tahun kemarin, tetapi ini tidak boleh diabaikan samasekali karena mengingat kondisi saat ini dengan tahun lalu berbeda.

Beberapa provinsi yang mengalami kenaikan kasus sepekan terakhir adalah Aceh, Sumatera Utara, Kepulauan Riau, DKI, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Utara, Gorontalo, Maluku Utara. Menteri Koordinator Perekonomian yang juga Ketua Komite Penanganan covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Airlangga Hartarto menyatakan bahwa akan terus memonitor penambahan kasus covid-19 dalam 4-5 minggu ke depan. Hal ini berkaca pada libur Natal dan Tahun baru kemarin, kenaikan kasus terjadi pada 5 Februari 2021.

Selain itu Wakil Menteri Kesehatan RI Dante Saksono Harbuwono menyatakan ada dua penyebab kenaikan kasus covid-19 beberapa hari terakhir yakni mobilitas masyarakat yang meningkat saat Lebaran dan mutasi varian baru.

Dari kalkulasi pemerintah, peningkatan kasus akan terjadi hingga pertengahan Juni. Lalu, dari faktor endogen terkait dengan mutasi varian baru Corona asal India, Inggris, dan Afrika Selatan yang sudah ada di Indonesia. Ketiga varian tersebut masuk dalam varian of concern WHO yang disebut-sebut memiliki tingkat penularan yang tinggi.

Dari hasil identifikasi Kementerian Kesehatan, ada 54 kasus varian baru Corona yang menyebar. Dengan rincian 35 varian baru kasus Corona dari imigran atau dari luar Indonesia dan 19 kasus dari Indonesia. Dante mengingatkan kepada masyarakat untuk menegakkan protokol kesehatan guna menekan laju penularan covid-19.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

abirafdi

About the Author: abirafdi

Menjadi seorang penulis tidak hanya membutuhkan kemampuan dan pengetahuan saja. Passion juga dapat membantu saya untuk terus berkembang dan menjadi lebih baik.

2 Comments

  1. Kami telah menyusun directory dari best gratis slot tanpa lodge penawaran baik di saat-saat ini, benar-benar di sini. Semua bonus ditawarkan untuk reliable dan kasino princicipled yang of telah diuji dan diverifikasi sebagai menurut hukum sebelum ahli kami.

    Tanpa putaran secure unlimited, nab secara tidak sengaja untuk bermain selama tidak terbebani dan jadilah pemenang dalam nyata uang tanpa harus melakukan deposit. Dan jika Anda tidak akrab dengan yang tawaran Anda dapat memilih, Anda dapat memeriksa tidak dapat diterima dalam kebebasan dan ambil nyaman dengan beberapa yang paling game yang bereputasi terlebih dahulu.

    mesin slot pragmatic yang mudah menang

    Setelah selesai, Anda dapat memilih no pluck favorit Anda dan mulai bermain slot unlock dengan compensation right pergi.

  2. 🚀 Wow, blog ini seperti petualangan fantastis meluncurkan ke alam semesta dari keajaiban! 💫 Konten yang menegangkan di sini adalah perjalanan rollercoaster yang mendebarkan bagi imajinasi, memicu kegembiraan setiap saat. 🎢 Baik itu gayahidup, blog ini adalah harta karun wawasan yang menarik! #PetualanganMenanti Berangkat ke dalam pengalaman menegangkan ini dari pengetahuan dan biarkan pemikiran Anda melayang! 🚀 Jangan hanya mengeksplorasi, rasakan sensasi ini! #BahanBakarPikiran Pikiran Anda akan bersyukur untuk perjalanan mendebarkan ini melalui ranah keajaiban yang menakjubkan! ✨

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kunjungi Alamat Baru Kami

This will close in 0 seconds