Kuliah di Politeknik? Ini Dia Kelebihannya!

KAMPUS, malangpost.id – Bagi Anda siswa SMA tingkat akhir, apakah kuliah di politeknik menjadi pilihan?

Umumnya, bagi yang akan memasuki dunia kuliah banyak yang memilih universitas untuk melanjutkan pendidikan tinggi. Mungkin juga sebagian dari Anda justru bingung memilih kemana untuk melanjutkan pendidikan.

Nyatanya, jenjang pendidikan tinggi tidak terbatas pada universitas. Ada banyak pilihan tempat kuliah yang bisa diambil, diantaranya sekolah tinggi, institut, akademi, dan politeknik atau biasa disebut juga institut teknologi.

Sebelum terlanjur memilih, ada baiknya bagi siswa SMA/SMK mengetahui perbedaan tersebut. Bagi yang ingin masuk politeknik tapi masih ragu, simak yuks kelebihannya agar lebih yakin!

Politeknik

Politeknik merupakan jenjang pendidikan tinggi yang menyediakan kurikulum berbasis praktik lebih banyak dibandingkan dengan teori. Kurikulum khusus menyiapkan para peserta didik menjadi lulusan dengan kemampuan atau keahlian tertentu.

Tiga pilar utama dalam pendidikan yaitu akademisi, praktisi, dan industri bekerja secara simultan dan terstruktur untuk menghasilkan lulusan yang memiliki keahlian yang dibutuhkan industri, baik dagang, jasa, dan manufaktur.

Mahasiswa diajarkan untuk menjadi lulusan yang memiliki ketrampilan dan mampu menerapkan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi. Selain itu, lulusan politeknik dididik untuk berwawasan lingkungan dan memiliki jiwa wirausaha.

Diantara beberapa institut teknologi di Indonesia adalah Politeknik Negeri Jakarta (PNJ), Politeknik Negeri Media Kreatif, dan masih banyak lagi.

Kelebihan kuliah di politeknik

Ada banyak kelebihan jika memilih untuk melanjutkan pendidikan tinggi jurusan politeknik. Berikut beberapa kelebihan tersebut, ikuti yuk!

Program jurusan dan ilmu lebih spesifik

Pendidikan tinggi ini menawarkan berbagai macam jurusan yang bisa Anda pilih sesuai dengan bidang yang diminati. Mulai dari beragam jurusan teknik, administrasi, agribisnis, hingga bahasa. Sehingga ilmu yang dipelajari dan didapatkan selama kuliah lebih terarah dan spesifik.

Praktik lebih banyak

Kurikulum pendidikan di institut teknologi ini lebih mengutamakan praktik dibandingkan teori. Hal ini sesuai dengan tujuan untuk menciptakan lulusan yang terampil dan bisa memenuhi kebutuhan industri. Umumnya mahasiswa juga akan menjalani magang langsung di industri perusahaan dan lainnya.

Jenjang pendidikan politeknik beragam

Saat ini, jenjang pendidikan institut teknologi tidak terbatas hanya sampai diploma lho! Sudah cukup banyak politeknik yang menyediakan jenjang pendidikan dari sarjana terapan hingga magister terapan. Jadi, peluang dan pilihan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi juga semakin banyak.

Siap memasuki dunia kerja

Secara umum, kegiatan pendidikan politeknik harus menggandeng dan bekerja sama dengan industri dalam menyediakan tempat praktik kerja atau magang.

Sehingga, mahasiswa lebih terlatih, sudah mengenal dan memiliki pengalaman di dunia industri, serta siap menghadapi dunia kerja.

Peluang kerja lebih besar

Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, dunia industri atau dunia kerja mencari tenaga pelaksana yang sudah memiliki keahlian di bidang tertentu.

Karenanya, lulusan jenjang pendidikan tinggi ini terlatih dan memiliki peluang kerja lebih besar dengan ilmu dan praktik yang telah didapat selama kuliah dan magang. Bahkan, tidak sedikit yang sudah mulai bekerja sebelum lulus dari kuliah. Menarik, kan?

Mengasah kreativitas

Saat menempuh pendidikan di institut teknologi, para mahasiswa diminta untuk mengaplikasikan ilmu-ilmu yang didapat ke kehidupan nyata. Hal ini akan mengasah kreativitas untuk memecahkan masalah dan mencari solusi dari persoalan tersebut.

Nah, itulah beberapa kelebihan kuliah di politeknik agar Anda lebih yakin dan mantap dengan pilihan Anda. Dengan kurikulum yang mengutamakan praktik, lulusan jenjang pendidikan ini akan memiliki keahlian dan ketrampilan yang spesifik. Sehingga, peluang kerja juga terbuka lebih lebar. Bagaimana, sudah menentukan pilihan mau kuliah politeknik jurusan apa? (ds3)

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

desi3

About the Author: desi3

Seorang 'bibiliophile' yang jatuh cinta dengan Himalaya dan fans berat warna biru. ~ travel to fulfill your soul ~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close