Teknik Informatika, Jurusan Paling Diminati Saat Ini, Kenapa Ya?

KAMPUS, malangpost.id – Beberapa tahun terakhir, tampak muncul tren yang menarik saat SNMPTN. Jurusan Teknik Informatika menjadi jurusan yang diminati banyak para calon mahasiswa baru selain jurusan Kedokteran. Hal ini seiring dengan kemajuan teknologi informasi yang semakin cepat.

Tentu saja, memilih jurusan kuliah perlu mempertimbangkan berbagai hal. Nah, buat yang tertarik untuk melanjutkan studi di jurusan ini, berikut beberapa alasan mengapa Teknik Informatika paling diminati saat ini.

1. Penggunaan internet yang tinggi

Sekarang ini, penggunaan internet sangat meningkat pesat yang membuat hampir semua kegiatan berbasis teknologi melalui internet. Mulai dari kesehatan, jual beli, hingga pendidikan yang juga menerapkan ujian nasional berbasis komputer.

Hal ini membuka peluang usaha dimana dibutuhkan banyak SDM yang mempunyai kompetensi teknologi informasi dan komunikasi. Tak heran, jurusan Teknik Informatika makin banyak peminatnya.

2. Kemajuan teknologi dan ragam inovasi teknologi

Dengan kemajuan teknologi yang sangat pesat, muncul beragam inovasi teknologi berbasis internet dan penyimpanan data. Hingga kini, kita bisa menemukan berbagai hal dalam bentuk digital agar lebih efisien. Karenanya, banyak dibutuhkan lulusan Teknik Informatika untuk mengembangkan teknologi digital.

3. Revolusi industri 4.0

Dengan adanya rencana pemerintah menggalakkan revolusi industri 4.0, orientasi pendidikan tinggi bersiap untuk menyiapkan SDM yang kompeten. Revolusi industri 4.0 banyak tercipta kemajuan teknologi, seperti super komputer, robot pintar atau Artificial Intelligence (AI), dan bioteknologi.

4. Biaya kuliah relatif murah

Salah satu alasan mengapa jurusan Teknik Informatika memiliki banyak peminat adalah biaya kuliah yang relatif murah. Selama proses perkuliahan, peralatan yang paling dibutuhkan adalah komputer. Selain itu, banyak kampus yang menerapkan sistem UKT yang menyesuakan kondisi ekonomi mahasiswa.

Baca juga: Kamu Suka Matematika? Ini Kaitannya Dengan Jurusan Teknik Informatika

5. Memulai bisnis startup

foto: Entrepreneur

Teknik Informatika juga cocok bagi mereka yang ingin memulai bisnis startup. Hal ini didukung dengan ilmu yang diajarkan selama kuliah yang mempersiapkan mahasiswa menjadi pengusaha teknologi. Ditambah lagi dengan banyaknya kebutuhan akan layanan berbasis teknologi.

6. Peluang kerja sangat luas

Berkembangnya bisnis digital dan juga rencana revolusi industri 4.0 membuat semakin banyak pekerjaan yang tidak bisa lepas dari penggunaan komputer. Selain itu, banyak bidang bisnis yang membutuhkan lulusan mahasiswa dari jurusan ini untuk menjaga atau meningkatkan kinerja teknologi yang dimiliki. Nantinya, lulusan Teknik Informatika punya prospek kerja di berbagai bidang, mulai dari perbankan, jasa, hingga fintech.

7. Prospek karir

Lulusan jurusan Teknik Informatika punya banyak pilihan prospek kerja. Diantaranya, system engineer, programmer, network security, web developer, konsultan IT, system analyst, web designer, dan masih banyak lagi. Tidak hanya bekerja di bidang formal, lulusan jurusan ini juga bisa bekerja di industri kreatif, seperti desainer grafis. Atau memiliki pekerjaan secara freelance yang bisa dikerjakan di mana saja.

Itu tadi beberapa hal yang membuat jurusan Teknik Informatika diminati banyak calon mahasiswa. Buat yang sudah mantap ingin kuliah di jurusan ini, bisa memilih ITN Malang sebagai tempat menimba ilmu. Ingin tahu lebih lanjut mengenai kampus yang berlokasi di Kota Malang ini? Langsung saja cek informasi mengenai pendaftaran, fasilitas, dan program beasiswa yang ditawarkan di laman https://www.itn.ac.id/. (ds3)

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

desi3

About the Author: desi3

Seorang 'bibiliophile' yang jatuh cinta dengan Himalaya dan fans berat warna biru. ~ travel to fulfill your soul ~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close