5 Kampus dengan Jurusan Bisnis Digital Terbaik di Indonesia

KAMPUS, malangpost.id – Dalam beberapa tahun terakhir, masyarakat semakin bergantung pada teknologi. Hal ini disebabkan perkembangan teknologi yang sangat pesat. Kemajuan teknologi membuat peluang bisnis digital terbuka lebar. Karenanya, diperlukan lulusan yang mengerti tentang bisnis digital yang ahli di bidangnya. Kebutuhan inilah yang membuat sejumlah perguruan tinggi membuka Jurusan Bisnis Digital. Meskipun belum banyak, namun ada beberapa kampus di Indonesia yang menawarkan Program Studi Bisnis Digital. 

Tentang Program Studi Bisnis Digital

Jurusan ini fokus pada pembelajaran bisnis dengan menggunakan teknologi digital. Mahasiswa akan belajar mengembangkan keahlian, pengetahuan, serta teknik yang diperlukan untuk di bidang market place, big data, start up digital, hingga artificial intelligence.

Nantinya, lulusan jurusan ini bisa meniti karier di berbagai macam bidang, seperti sistem perusahaan, pemasaran digital, pengembangan aplikasi, manajeman umum, analisis bisnis, hingga transformasi digital.

5 Kampus dengan Jurusan Bisnis Digital Terbaik

Buat kamu yang mempertimbangkan masuk ke jurusan ini, berikut lima kampus yang memiliki program studi Bisnis Digital terbaik di Indonesia.

1. Universitas Prasetiya Mulya

Salah satu pilihan universitas yang memiliki jurusan bisnis digital adalah Universitas Prasetiya Mulya. Seringkali disebut dengan nama Prasmul atau PMBS, kampus ini berbasis di BSD City, Banten. Universitas ini memiliki program studi Digital Business (Software Engineering). Jurusan ini berfokus untuk mengembangkan solusi bisnis berbasis teknologi digital. Selain itu, mahasiswa juga akan belajar tentang pemahaman dan penguasaan keterampilan entrepreneurship.

Baca juga: Perempuan Kuliah Teknik? Ini 5 Jurusan yang Cocok Untukmu!

2. Institut Teknologi Nasional Malang

Institut Teknologi Nasional Malang (ITN Malang) merupakan kampus yang berada di Kota Malang, Jawa Timur. ITN Malang memiliki Program Studi Bisnis Digital jenjang S1 yang berada di dalam Faktultas Teknologi Industri. Mahasiswa akan belajar mengenai Bisnis Digital dari para akademisi dan praktisi yang berpengalaman di bidangnya. Selama kuliah, mahasiswa akan mengikuti model pembelajaran 7 Quality atau 7Q. Model tersebut adalah tutorial di kelas, pembelajaran e-learning, pratikum, pameran dan kompetisi, serta fasilitas inkubator bisnis. Selain itu, tersedia program magang dan membangun startup bisnis.

3. Universitas Padjajaran

Universitas Padjajaran atau dikenal dengan Unpad merupakan salah satu kampus favorit yang yang terletak di Bandung dan Jatinangor, Jawa Barat. Kampus ini menawarkan jurusan baru,  Bisnis Digital. Meskipun kapasitasnya terbilang masih minim, program studi bisnis digital di kampus ini terus dikembangkan agar dapat menghasilkan talenta berkualitas di bidang big data, marketplace, startup, dan artificial intelligence. Pengajar di sini datang dari FEB serta para pengajar lintas sektor seperti dari Fakultas Ilmu Komunikasi, Fakultas Hukum, prodi Teknik Informatika, bahkan para praktisi di industri bisnis digital.

4. Binus University

Selain perguruan tinggi yang telah disebutkan di atas, Binus University juga memiliki program studi Business Creation. Jurusan ini fokus untuk menghasilkan wirausahawan masa depan yang kreatif serta inovatif. Mahasiswa tidak hanya belajar teori, namun juga melakukan praktik. Hal ini bertujuan agar mahasiswa bisa memulai bisnis baru di tahun ketiga. Uniknya, materi kuliah juga akan diberikan oleh pengusaha dan pemilik modal yang berpengalaman di bidang bisnis digital.

Baca juga: Kupas Tuntas Jurusan Teknik Lingkungan, Di Sini!

5. Universitas Negeri Jakarta

Dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, Universitas Negeri Jakarta juga membuka Program Studi Bisnis Digital sejak 2020. Dengan jurusan ini, Universitas Negeri Jakarta atau biasa dikenal publik dengan nama UNJ bertujuan menghasilkan sumber daya manusia yang kompeten di bidang bisnis digital. Nantinya, lulusan program studi ini akan memiliki berbagai pilihan karier, diantaranya Digital Entrepreneur, Financial Technology Analyst, dan Digital Business Analyst.

Itu tadi lima perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki Program Studi Bisnis Digital. Buat kamu yang tertarik dengan Jurusan Bisnis Digital ITN Malang, kamu bisa mengunjugi situs resmi kampus tersebut di https://itn.ac.id/.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

desi3

About the Author: desi3

Seorang 'bibiliophile' yang jatuh cinta dengan Himalaya dan fans berat warna biru.~ travel to fulfill your soul ~

6 Comments

  1. Wow that was unusual. I just wrote an incredibly long comment but after I clicked submit my comment didn’t show up.
    Grrrr… well I’m not writing all that over again. Anyhow, just wanted to say fantastic blog!

    my page … terbaik sumatera

  2. Everyone loves what you guys are usually up too.
    This kind of clever work and reporting! Keep up the terrific
    works guys I’ve added you guys to my own blogroll.

    Feel free to visit my web-site :: kampus terbaik di lampung

  3. Everything is very open with a precise explanation of the issues.

    It was really informative. Your site is very useful.
    Thank you for sharing!

    Here is my homepage :: kampus terbaik di lampung

  4. Hello, always i used to check webpage posts here in the early
    hours in the daylight, since i enjoy to learn more
    and more.

    My web site; kampus terbaik di lampung

  5. So shaving tools and accessories effort for might not work as well great. aplikasi point of sales Hence the depend on for experimentation and practice to obtain the ideal shaving results.

  6. ini artikel terkeren yang saya pernah datangi, membahas tentang dunia sangat infromatif…recommended banget untuk kalian.. terima kasih admin.. sukses selalu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kunjungi Alamat Baru Kami

This will close in 0 seconds