Gunakan 23 Pantun, Teladani Nilai Karakter RA Kartini

DIKSAR, Malangpost.id – Hari Kartini yang jatuh pada hari Kamis tanggal 21 April 2022, SMP 2 YPK Malang peringati dengan penuh sukacita. Peringatan ini dilakukan pada Selasa, (19/4/2022) pagi di sekolah setempat.

Peringatan terasa unik, karena siswa dapat memeriahkan Hari Kartini dengan membagikan atau saling bertukar pantun bersama.

Pantun yang siswa angkat bertema “Nilai-nilai Pendidikan Karakter RA Kartini dalam Buku Habis Gelap Terbitlah Terang”.

Berdasarkan surat-surat yang RA Kartini tulis, terdapat enam nilai karakter yang tersirat. Yakni religius, suka membaca, peduli, kritis, pantang menyerah dan toleransi.

Nilai nilai tersebut lantas siswa ungkapkan lewat 23 pantun, namun sebelumnya mereka dahului dengan menyanyikan lagu rasa sayange.

Mengingatkan Kembali Perjuangan RA Kartini

Menurut Deasy Andayani SSi, Kepala SMP 2 YPK Malang tujuan utama peringatan Hari Kartini adalah untuk mengingatkan kembali perjuangan RA Kartini dalam memperjuangkan hak-hak kaum wanita untuk memperoleh pendidikan.

Mengingat, RA Kartini diakui sebagai tokoh emansipasi wanita yang memperjuangkan kesetaraan peran wanita dan pria dalam kehidupan sehari-hari.

“Serta mengingatkan kembali jasa RA Kartini yang telah memperjuangkan nasib kaum wanita,” tegasnya, Selasa (19/4/2022).

Menurutnya, semangat juang RA Kartini ini patut dicontoh oleh seluruh siswa. Sebab sosok RA Kartini merupakan salah satu tokoh yang memiliki kegigihan dan semangat yang tinggi untuk terus belajar. Meskipun dia adalah seorang wanita.

Kartini Sosok yang Ideal

Sementara itu, AMZ Supardono guru PPKn SMP 2 YPK Malang menuturkan bahwa RA Kartini merupakan sosok yang ideal.

“Seorang wanita yang memiliki semangat yang kuat pada masanya, dinamis, mandiri, berintelektual tinggi, berwawasan modern, juga berjiwa sosial, nasionalisme dan rasa ketuhanan,” tutur pria yang akrab dipanggil Dono ini.

Karena sumbangsih pemikiran dan perjuangannya, RA Kartini dapat menjadi pelopor gerakan perempuan Indonesia, pendidik juga pelopor literasi.

“Nilai nilai karakter RA Kartini sejalan dengan Penerapan Kurikulum Merdeka yang akan dilaksanakan secara bertahap mulai Tahun Ajaran 2022-2023, yaitu ingin mewujudkan Profil Pelajar Pancasila,” pungkasnya kepada Inspirasi Pendidikan.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Wahyu

About the Author: Wahyu Setiawan

Paling hobi jalan-jalan; lebih senang baca novel; suka nonton film bergenre Adventure, Comedy, Horror, Animation, Fantasy & Romance.

2 Comments

  1. Thanks for sharing. I read many of your blog posts, cool, your blog is very good. https://accounts.binance.com/ru/register-person?ref=T7KCZASX

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kunjungi Alamat Baru Kami

This will close in 0 seconds