5 Cara Kreatif Mengajarkan Anak Berpuasa Sejak Dini

Mengajarkan anak berpuasa memang perlu dan bersabar yah Bunda dalam mengajarkannya!

PAUD, malangpost.idPuasa sudah dekat, dan bagi anda yang memiliki anak siap-siap mulai mengajarkan untuk berpuasa. Bagi anak anda yang sudah memasuki usia untuk diajari berpuasa, maka dipersilahkan bagi Bapak Ibuk untuk mencari referensi terkait hal tersebut.

Guna anak diajari sejak awal (dini) adalah membentuk anak untuk kuat dan tahan nafsu. Selain itu banyak hikmah yang didapat melalui berpuasa. Memang anak usia belum puber tidak diwajibkan untuk menjalankan puasa Ramadhan.

Tetapi, tidak ada salahnya anda mencoba mengenalkan pada anak akan hal ini. jika anda sudah mengetahui kondisi pas dari anak anda. Karena anda yang mengetahui kemampuan anak (darah daging sendiri).

Berikut ini cara kreatif dalam mengajarkan anak untuk berpuasa sejak dini, diantaranya:

1. Tetap Patokan Usia itu Perlu

Sebelum bertindak, pikir dulu Ayah Bunda mau memberikan edukasi tentang puasa pas umur berapa dan siap berpuasa anak pada usia berapa. Jadi jangan asal-asalan pilih usia (hal tersebut berkaitan dengan mental anak dan masih waktu usia main-main).

Jadi alangkah lebih baik lakukan stimulasi dulu pada anak sejak dini sehingga menumbuhkan karakter positif positif dalam hal agama. Anda sebagai guru pertama di rumah, harus tahu bagaimana cara dan

2. Jelaskan Dulu Konsep Puasa pada Anak

Pada awalnya anak pasti belum mengerti tentang puasa, tetapi dengan begitu peran orang tua sangat perlu dalam menjelaskan maksud serta manfaat puasa Ramadhan (wajib). Anda perlu memastikan bahwa penjelasan tersebut menggunakan bahasa yang mudah dimengerti.

Dalam menjelaskan juga jangan dicampur adukkan dengan menakut-nakuti anak akan dosa dan neraka jika tidak menjalankan puasa. Dia masih kecil. Berilah info sesuai porsi dan usianya. Setelah anda menjelaskan, maka anda bisa mengajak anak untuk ikut berpuasa.

3. Dimulai dengan Memberikan Contoh

Sebagai orang tua, anda harus memberikan contoh. Mulai dari mengajak anak untuk praktik langsung akan puasa. Jadi anda adalah contoh sekaligus model bagi anak. Jadi lakukan yang terbaik yah!. Saat proses berpuasa, nanti akan muncul beberapa pertanyaan dari anak.

Mulai dari anda tidak makan maupun minum, sehingga hal tersebut menimbulkan rasa penasaran anak dan ingin mencobanya. Walaupun begitu, tetap damping anak selama ia berpuasa. Karena masih muda, perlu arahan yang baik dan benar agar tidak salah.

4. Lakukan Secara Bertahap

Tidak bisa anak langsung diajarkan secara langsung semuanya dan menjalankannya secara full. Jadi lakukan latihan kepada anak secara bertahap dan setengah-setengah sesuai kemampuan (fisik). Awali puasa dengan waktu setengah hari (sampai adzan Dzuhur).

Atau kalau tidak begitu bisa sampai adzan Ashar. Kalau anak sudah merasa kuat dan anda yakin dia kuat menyelesaikannya. Maka dicoba saja, siapa tahu berhasil. Latihan tersebut bisa dilakukan satu minggu sekali.

5. Lakukan Kegiatan Seru Seperti Ngabuburit

Jika anak sudah bisa melakukan puasa dengan durasi lama, maka lakukan beberapa hal seru agar bisa menaikkan mood baik anak. Sambil menunggu waktu akan buka tiba. Jadi jangan sampai anak menjadi bosan saat menunggu berbuka puasa.

Siapkan berbagai kegiatan yang seru dengan anak untuk menunggu waktu berbuka puasa. Misalnya ngabuburit dan semua kegiatan seru tersebut harus disetujui oleh anak. Agar nantinya pas ngabuburit semua bahagia.

Nah, itulah penjelasan tentang 5 cara kreatif dalam mengajarkan anak untuk berpuasa sejak dini. Semoga bermanfaat. Apa yang kita tanam, semoga menjadi baik selalu.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

yuliartiselli

About the Author: yuliartiselli

Cewek dengan bintang Taurus ini suka berpetualang dan menjelajahi dunia maupun Indonesia, apapun itu. Berpetualang mencari jati diri dan jadi diri sendiri. Suka explore sendiri. Dan untuk dunia kepenulisan, dia sudah menggeluti selama 1 tahun lebih sebagai content writer di berbagai proyek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close