MTsN 1 Kota Malang Sukses Selenggarakan Lomba Resensi Buku 2021, Ternyata Begini Teknisnya

DIKSAR, Malangpost.id – Demi menunjang gerakan literasi di sekolah, beberapa waktu lalu Perpustakaan MTsN 1 Kota Malang menyelenggarakan Lomba Resensi Buku 2021.

Saat ini, perlombaan tersebut telah sukses dilaksanakan hingga pada tahap pengumuman.

Terdapat tiga nama pemenang yang sudah ditentukan oleh dewan juri,  ketiganya adalah peserta didik dari MTsN 1 Kota Malang.

Juara pertama yakni Wilma Aulia Daniswara (nilai 92,5), juara kedua Ayuning Jayawardhana (nilai 91) dan juara ketiga ditempati oleh Hannania ‘Imadulbilad Za’farani (nilai 90,5).

Kepala Perpustakaan MTsN 1 Kota Malang, Syaifiudin S.Pd mengaku bahwa proses lomba resensi ini terbilang cukup panjang.

Baca juga : Tiga Siswa MAN 1 Kota Malang, Lolos KSN Tingkat Provinsi

Pada proses awal peserta harus membaca buku yang dipakai dalam perlombaan, yakni berjudul “Semesta Sang Guru”. Membaca dimulai dari bulan Maret sampai Mei 2021.

“Buku tersebut dipilih karena aktual dengan materi pelajaran siswa,” ujarnya

Sehingga dengan memakai buku tersebut, selain mengikuti perlombaan resensi, siswa juga menyelesaikan materi pembelajaran.

Sedangkan untuk penilaian, dalam lomba tersebut memakai empat aspek. Antara lain kelengkapan informasi, pemahaman atas isi buku, kejelasan menyampaikan gagasan, dan terakhir kebakuan dalam menggunakan bahasa.

Baca juga : Sekolah Baru di Kota Malang Resmi Dibangun, Gedung Bakal Berstandar Nasional

Penilaian yang digunakan dalam lomba ini terdiri atas empat aspek. Pertama, kelengkapan informasi. Kedua, pemahaman isi buku. Ketiga, kejelasan penyampaian gagasan. Keempat, kebakuan bahasa.

Salah seorang juara lomba, yakni Wilma mengungkapkan kebahagiaannya karena bisa memperoleh juara satu dalam lomba tersebut. Dia juga berharap, orang tuanya bisa bangga atas prestasi yang berhasil dirinya raih.

“Alhamdulillah, saya sangat senang bisa mengikuti lomba ini. Semoga literasi di Matsanewa terus meningkat,” pungkas siswi kelas VIII Bilingual tersebut

Diketahui, lomba resensi dilaksanakan secara daring mulai tanggal 12 Maret 2021 sampai tanggal 19 Juni 2021 sebagai proses pengumuman.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Wahyu

About the Author: Wahyu Setiawan

Paling hobi jalan-jalan; lebih senang baca novel; suka nonton film bergenre Adventure, Comedy, Horror, Animation, Fantasy & Romance.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *