Pengabdian Masyarakat Mahasiswa (PMM) Mitra Dosen UMM, Lakukan Sosialisasi Udeng Khas Kota Batu

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Konten_Netwriter_-2.jpg
This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Konten_Ajakan_Netwriter-3.jpg

KAMPUS, Malangpost.id – Bertempat di alun-alun Kota Batu, Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang tergabung dalam Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Mitra Dosen tahun 2021, mengadakan sosialisasi terkait Udeng Khas Kota Batu pada Kamis (17/06).

Kegiatan sosialisasi tersebut berlokasi di Alun-Alun Kota Batu, Jawa Timur. Sosialisasi dilakukan dengan mengedukasi masyarakat di sekitar Alun-Alun Batu tentang Udenga Paguyuban Sangga Braja. Selain itu juga dilakukan pembagian brosur yang berisi informasi mengenai Udeng Paguyuban Sangga Braja. Serta kelompok PMM juga membawa contoh Udeng Paguyuban Sangga Braja untuk diperlihatkan kepada masyarakat di Alun-Alun Kota Batu, Jawa Timur.

PMM Mitra Dosen yang dibimbing oleh Yeyen Pratika, MBA dan Shannaz Mutiara Deniar, M.A. ini bekerjasama dengan Paguyuban Sanggabraja. Paguyuban ini merupakan salah satu komunitas budaya di Kota Batu. Dimana komunitas ini sangat peduli terhadap budaya Jawa, khususnya keris dan budaya Kota Batu.

Baca juga : Kembali Torehkan Prestasi, UMM Raih Kampus Bintang Tiga Dunia

Selain itu, paguyuban ini juga memiliki produk udeng khas Kota Batu. Produk tersebut telah diakui oleh pemerintah setempat yang merupakan hasil karya cipta dari Paguyuban Sanggabraja.

“Filosofi udeng ini bersumber dari topografi Kota Batu yang terdiri dari Gunung Arjuna, Gunung Panderman, dan Kota Batu sendiri,” ungkap Sudarno, ketua Paguyuban Sanggabraja.

Kumpulan mahasiswa PMM UMM (Foto : PMM Sangga Braja)

Antusias Masyarakat Kota Batu

Masyarkat pun sangat antusias menanggapi kehadiran udeng khas Kota Batu, saat sosialisasi dilakukan. Tim PMM Mitra Dosen UMM mengungkapkan harapannya, agar lebih banyak lagi masyarakat yang menyadari kehadiran udeng khas Kota Batu,.

“Semoga ke depan udeng ini lebih banyak diketahui dan mudah diakses oleh masyarakat Kota Batu dan wisatawan,” ujar Riyadh selaku Mahasiswa anggota PMM Mitra Dosen UMM.

Baca juga : Prodi Ilmu Komunikasi UMM Gelar Seminar Perfilman Nasional, Dekan FISIP : Film Miliki Dampak yang Sangat Besar

Tidak hanya memperkenalkan dan mengedukasi masyarakat mengenai udeng khas Kota Batu. Kelompok PMM Mitra Dosen ini juga membagi masker gratis kepada masyarakat di sekitaran Alun-alun Kota Batu. Serangkaian acara lainnya dalam rangka PMM Mitra Dosen Universitas Muhammadiyah Malang dengan mitra Paguyuban Sanggabraja ini akan tetap berlangsung hingga Juli mendatang.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

PMM Mitra Dosen

About the Author: PMM Sangga Braja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *