Tingkatkan Implementasi SAKIP, Pemerintah Kota Batu Jalin Kerjasama dengan Universitas Brawijaya

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah image-4.png
Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah image-5-1024x101.png

KAMPUS, Malangpost.id – Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) merupakan integrasi dari sistem perencanaan, penganggaran dan pelaporan kinerja yang disusun pemerintah daerah.

Guna meningkatkan implementasi SAKIP, Pemerintah Kota Batu menggandeng Governance Laboratory yang tergabung dalam Tim Dosen Berkarya Universitas Brawijaya (UB). Peningkatan impelementasi SAKIP ini dilaksanakan berbasis pada pemanfaatan teknologi infomasi (TI) sehingga mempermudah pengelolaannya.

Bentuk kegiatan dari kolaborasi antara Pemerintah Kota Batu dan akademisi dari Universitas Brawijaya yaitu pengembangan informasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP). Penyusunan aplikasi budaya kerja dan pendampingan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Kota Batu tahun 2021 yang berlangsung secara daring maupun luring mulai dari bulan Mei hingga akhir November 2021.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi terutama terkait dengan efektivitas, efisiensi, produktivitas, kreativitas, inovasi, mutu dan relevansi ditataran pemerintahan.

Kerjasama ini dilakukan dengan tujuan untuk menyelaraskan program kegiatan bersama dalam upaya meningkatkan kualitas SAKIP pemerintah Kota Batu, dan selanjutnya jika dikontekskan pada kegiatan Dosen Berkarya, kolaborasi (collaborative government) terjadi antara akademisi sebagai aktor non-pemerintah dengan institusi pemerintah daerah.

Collaborative governance sendiri merupakan aransemen tata kelola pemerintahan dimana satu atau lebih institusi publik secara langsung melibatkan aktor non-pemerintahan dalam sebuah proses pembuatan kebijakan kolektif yang bersifat formal berorientasi konsensus dan konsultatif dengan tujuan untuk membuat atau mengimplementasikan kebijakan publik, mengelola program atau aset publik.

Kolaborasi disini melibatkan peranan perguruan tinggi yang memiliki sumberdaya akademisi dengan pemahaman konsep-konsep dan teori-teori yang mendalam. Sehingga dapat meningkatkan kualitas evaluasi akuntabilitas kinerja internal pemerintah untuk mempercepat pelaksanaan manajemen kinerja serta mendorong tumbuhnya budaya kerja melalui pemanfaatan teknologi informasi dan penilaian kinerja periodik.

Melalui kegiatan kerjasama tersebut, dapat dirasakan dampak dari pelaksanaannya yaitu meningkatnya kualitas SAKIP Pemerintah Kota Batu dengan capaian indikator yang digunakan telah beriorientasi pada kinerja atau hasil. Selain itu, telah terbangun dialog kinerja yang secara aktif memperbaiki capaian kinerja secara berkala.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Ariq Dhamas

About the Author: ariqds

1 Comment

  1. Your article gave me a lot of inspiration, I hope you can explain your point of view in more detail, because I have some doubts, thank you.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kunjungi Alamat Baru Kami

This will close in 0 seconds