Eyelash Extension, Ketahui Pengertian dan Beberapa Faktanya!

Ladies, ada rencana untuk melakukan eyelesh extension? Sebelumnya, ketahui dulu apa maksudnya dan ketahui beberapa faktanya.

GAYAHIDUP, malangpost.id – Banyak wanita yang lebih memilih tampil natural dengan minim make up. Namun, saat harus menghadiri suatu acara formal, mau tidak mau wanita perlu merias diri untuk tampil sempurna. Sayangnya, banyak juga wanita yang tidak punya banyak waktu atau tidak sabar dalam merias wajah, terutama merias area mata yang butuh effort lebih.

Untuk tampil lebih cantik dengan bulu mata panjang dan lentik, wanita memilih memasang bulu mata palsu. Sebagian wanita lainnya memilih eyelash extension untuk alasan yang lebih praktis. Anda bisa menemukan banyak salon atau klinik kecantikan yang menawarkan sambung bulu mata.

Nah, sebelum memutuskan untuk melakukan sambung bulu mata, cari tahu dulu pengertian dan beberapa fakta tentang eyelash extension.

Pengertian Eyelash Extension

Eyelash extension atau sambung bulu mata adalah prosedur kecantikan untuk penambahan atau penyambungan bulu mata asli untuk mendapatkan bulu mata yang panjang dan lentik.

Umumnya bahan yang digunakan adalah bulu mata buatan yang kemudian disambung secara seksama pada bulu mata asli. Hasilnya, bulu mata asli terlihat lebih panjang, tebal, dan lentik secara natural.

Untuk proses penyambungan bulu mata biasanya memerlukan waktu sekitar 2 jam, tergantung dari ketrampilan teknis memasang dan kualitas lem extension yang digunakan.

Kalau bulu mata palsu yang biasa dipakai umumnya bersifat sekali pakai dan setelahnya dibuang. Nah, kalau eyelash extension dengan perawatan yang tepat dapat bertahan hingga 3 bulan.

Berbagai fakta eyelash extension

Apakah Anda memutuskan untuk melakukan sambung bulu mata? Cek dulu yuk beberapa faktanya!

1. Berbeda dengan bulu mata palsu

Penggunaan bulu mata palsu dilekatkan pada kelopak mata dalam satu strip. Sementara, eyelash extension dilakukan dengan cara menempelkan bulu mata sambungan pada setiap helai bulu mata asli.

Selain itu, lem yang digunakan pun lem khusus yang biasanya digunakan dalam prosedur pembedahan. Lem ini tahan terhadap air, keringat, dan minyak. Karenanya, eyelash extension bisa bertahan hingga 2-3 bulan.

2. Tersedia banyak pilihan bahan eyelash extension

Bahan untuk sambung bulu mata menggunakan bulu mata dari bahan alami maupun sintetis. Umumnya bahan tersebut bersifat tahan air dengan risiko rendah menimbulkan iritasi pada kelopak mata.

Bahan alami yang digunakan bisa berupa benang sutra, rambut manusia, atau bulu hewan. Sementara untuk bahan sintetis adalah serat plastik dan akrilik.

3. Banyak pilihan model

Dengan permintaan sambung bulu mata yang menjamur, banyak variasi model bulu mata yang bermunculan. Anda bisa memilih model sesuai dengan keinginan. Salon dan klinik kecantikan menawarkan beragam model, seperti tipe natural, tebal, hingga sangat tebal.

Tidak punya gambaran mengenai model yang diinginkan? Tenang saja, Anda bisa melihat gambarnya di katalog yang dimiliki salon atau klinik kecantikan. Salah satu model yang paling populer adalah bulu mata melengkung dan lentik sempurna.

4. Prosedur berlangsung lama

Proses sambung bulu mata bisa memakan waktu cukup lama, hingga dua jam karena harus dilakukan dengan hati-hati dan teliti. Selama prosedur dilakukan, Anda akan diminta untuk terus memejamkan mata.

Waktu yang lama dan melelahkan nyatanya sepadan dengan hasil yang didapatkan. Anda tidak perlu repot membeli dan memasang bulu mata palsu setidaknya selama 2 hingga 3 bulan.

5. Perlu perawatan setelah prosedur

Perawatan bulu mata tetap perlu dilakukan pasca prosedur penyambungan. Meskipun helaian bulu mata palsu akan rontok dengan sendirinya seiring waktu, Anda bisa mencegah kerontokan tidak terjadi sejak dini.

Untuk perawatan, tidak dianjurkan untuk mengucek atau menggosok mata. Selain itu, disarankan untuk tidak sering mandi dengan shower atau berenang. Hal ini bisa menimbulkan tekanan pada kelopak mata dan mudah rontok.

Anda juga perlu menggunakan pembersih wajah berbahan dasar air, bukan minyak. Usaplah bagian mata dengan hati-hati dan lembut saat mencuci wajah.

6. Risiko efek samping

Walaupun tidak membahayakan, ada risiko efek samping setelah melakukan prosedur eyelash extension. Umumnya reaksi yang timbul adalah alergi atau iritasi terhadap bahan kimia yang terkandung dalam lem perekat bulu mata.

Iritasi atau alergi bisa menimbulkan beberapa gejala seperti mata merah dan bengkak, gatal dan perih di kelopak mata, muncul ruam di sekitar kelopak mata, hingga mata sulit dibuka.

Bahkan, sambung bulu mata bisa menimbulkan infeksi mata, luka di kornea mata, radang kelopak mata, hingga konjungtivitis apabila eyelash extension dilakukan dengan alat dan bahan yang tidak steril dan tidak hati-hati.

Eyelash extension untuk mata lebih lentik

Eyelash extension bisa mengubah tampilan mata Anda menjadi lebih cantik alami. Bahkan tanpa menambahkan mascara atau eyeliner, mata Anda sudah tampak menonjol dan lebih cantik dari biasanya. Hal ini bisa meningkatkan rasa percaya diri dan tentunya menghemat waktu. Pastikan Anda memilih salon atau klinik kecantikan yang memiliki izin resmi dan praktisi yang ahli serta berpengalaman dalam melakukan prosedur eyelash extension. (ds3)

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

desi3

About the Author: desi3

Seorang 'bibiliophile' yang jatuh cinta dengan Himalaya dan fans berat warna biru.~ travel to fulfill your soul ~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close