Ingin Lancar Bahasa Inggris? Coba 6 Jurus Jitu Ini!

TIPS, Malangpost.id – Saat ini kemampuan berbicara bahasa asing memiliki nilai plus di berbagai bidang, termasuk salah satunya bahasa inggris. Bahasa inggris telah menjadi bahasa internasional yang wajib dikuasai untuk meningkatkan nilai diri kamu.

Menurut Eton Institute, mempelajari bahasa Inggris dapat meningkatkan kemampuan otak dan memori. Kamu akan lebih mudah melakukan pekerjaan dengan lebih fokus bahkan dapat melakukan pekerjaan multitasking.

Namun, tak sedikit orang yang masih bingung untuk memulai belajar bahasa inggris darimana. Jika kamu menilik lebih jauh, maka terdapat banyak sekali platform yang memudahkan kita untuk belajar bahasa Inggris, lho!

Berikut 6 jurus jitu supaya kamu lancar berbahasa Inggris :

1. Menetapkan Target dan Tujuan

Sebelum beranjak ke materi bahasa Inggris, ada baiknya kamu terlebih dahulu menata niat alasan kamu belajar bahasa Inggris. Hanya karena ada “niat” kamu akan lebih mudah menerima berbagai materi dan kosakata dalam bahasa Inggris.

iklan-dinas-kominfo

Baca juga : 10 Kursus Online Bahasa Inggris yang bisa Dipilih!

Selanjutnya, tetapkan target dan beberapa tujuan kamu selama beberapa bulan kedepan. Belajar bahasa Inggris memang membutuhkan waktu jika ingin hasil yang maksimal. Tentunya kamu harus tetap konsisten ya!

2. Menggunakan Aplikasi Belajar Online

Duolingo merupakan salah satu aplikasi belajar bahasa paling terkenal dan memiliki rating yang sangat bagus. Di dalam aplikasi ini, kamu bisa belajar bahasa Inggris mulai dari level yang benar-benar mendasar (intermediate), sampai fluent.

3. Mendengarkan Podcast & Youtube

Melatih kemampuan mendengarkan (listening) dalam bahasa Inggris juga sangat penting sebagai syarat tes TOEFL/IELTS. Kamu bisa melatihnya dengan mendengarkan podcast dan youtube yang berisi pelajaran bahasa Inggris.

Rekomendasi podcast dan Youtube ala Malangpost yaitu kamu bisa mendengarkan dari All Ears English Podcast, CNN 5 Things, TED Radio Hour. Sedangkan untuk channel Youtube kamu bisa mendengarkan melalui TedX Talk, VOX, Kurzgesagt.

4. Perbanyak Membaca Buku

Membaca buku bahasa Inggris merupakan cara yang paling ampuh untuk meningkatkan kemampuanmu. Dengan kegiatan tersebut kamu bisa menemukan berbagai kosakata baru.

Rekomendasi buku yang bisa kamu baca untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris yaitu The Fault In Our Stars (John Green), The Perks of Being a Wallflower (Stephen Chbosk).

5. Rutin Membaca Berita dalam Bahasa Inggris

Kegiatan membaca berita sangat berpengaruh untuk meningkatkan penggunaan Grammatik kamu. Di dalam berita yang kamu baca, biasanya menggunakan kalimat-kalimat sederhana dan mudah dipahami. Biasanya situs berita yang paling akurat dan ringan untuk pemula yaitu www.insider.com, CNN/CNBC, www.jakartapost.com.

6. Berinteraksi Langsung dengan Bule

Jurus yang terakhir ini memang banyak dilakukan oleh beberapa orang yang ingin belajar bahasa Inggris secara otodidak. Cobalah untuk mulai berinteraksi dengan bule melalui berbagai media social yang kamu miliki.

Baca juga : Ini 9 Alasan Harus Menguasai Bahasa Inggris

Itulah beberapa jurus jitu belajar bahasa Inggris bagi pemula. Sebenarnya masih banyak cara lain yang bisa kamu coba, seperti menonton film dengan subtitle bahasa Inggris, mendengarkan musik bahasa Inggris, dan tulislah kosakata baru yang kamu dapat.

Jika kamu melalukan hal ini berulang-ulang full dalam 2-3 bulan, maka kalian akan fasih dalam berbahasa Inggris.  Yang terpenting tetap percaya diri dan jangan menyerah ya, sobat Malang Post!

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Susmitha

About the Author: Susmitha Nurzaini

Someone who interrest and eager to learn more about jurnalistic, public, and communication. Stay safe and stay healthy all! Cheers!^^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *