10 Cabang Olahraga Atletik yang Perlu Anda Ketahui

Cabang Olahraga Atletik

ATLETIK, malangpost.idOlahraga tidak hanya membuat anda sehat bugar, tetapi juga dijadikan pertandingan yang sangat seru untuk ditonton. Tak heran jika banyak sekali event yang diselenggarakan untuk hal ini, baik dalam skala nasional maupun internasional.

Terdapat banyak cabang olahraga yang ditandingkan dan tak kalah seru untuk disaksikan. Semuanya itu berkembang dengan seiring bertambahnya zaman. Tidak hanya dalam cabang olahraga seperti sepak bola, lari, badminton saja.

Berikut ini cabang olahraga atletik yang bisa anda ketahui, diantaranya:

1. Cabol Lompat Tinggi

Cabang olahraga ini sudah serring dipertandingkan dalam event-event olahraga dunia. Cabang ini lebih ke atlet lompat tinggi yang harus melompat palang tinggi dan berusaha berhasil mendarat dengan sempurna.

2. Cabol Lompat Jauh

Kalau tadi lompat tinggi, maka untuk olahraga ini lebih ke lompat jauh. Lompat jauh yang diukur adalah lebih ke jauhnya jarak pendaratan oleh atlet yang melompat. Semakin jauh jaraknya, semakin bagus nilainya dalam bersaing di lomba tersebut.

3. Cabol Lompat Galah

Cabang ini mengharuskan atlet untuk melompat tinggi melewati palang. Pada lomba ini, teknik melompatnya juga lebih berbeda, dimana menggunakan galah sebagai alat bantu dalam melompat. Pastinya seru.

4. Cabol Lari Jarak Pendek

Cabang olahraga ini adalah lari dan olahraga ini terbagi dalam berbagai cabang, salah satunya lari jarak pendek. Cabang ini memiliki lintasan lari yang pendek. Nomor larinya terdiri dari 100 meter, 200 meter, dan 400 meter.

5. Cabol Lari Jarak Jauh

Salah satu cabang lari ini dinamakan juga dengan lari Marathon. Lintasan larinya jauh lebih panjang yaitu antara 3000 meter, 5000 meter, hingga 10.000 meter bahkan lebih. Oleh karena itu, jarak disesuaikan dengan nama.

6. Cabol Lari Estafet

Cabang olahraga ini memiliki panjang lintasan seperti marathon, bedanya lebih ke teknis lomba yang mana dilakukan secara bergantian dan sambung menyambung menggunakan tongkat (serah terima) oleh empat orang atlet lari yang berbeda.

7. Cabol Jalan Cepat

Cabang olahraga ini dipertandingkan pada acara-acara tertentu. Walaupun dari namanya terkesan sederhana, tetapi secara teknis tak semudah namanya. Setiap langkah atlet harus sama dan terputus talinya, bahkan jangan sampai jatuh ke tanah.

8. Cabol Tolak Peluru

Cabang olahraga ini dilakukan dengan atlet melakukan tolakan peluru. Bola (peluru) yang digunakan memiliki berat beragam tergantung nomor olahraga tolak peluru tersebut. Tujuan dari olahraga ini adalah menolak peluru sejauh mungkin dengan teknik yang baik dan benar.

9. Cabol Lempar Lembing

Cabang olahraga ini sering dipertandingkan di event-event olahraga dunia. Tujuan dari olahraga ini adalah untuk melemparkan lembing sejauh mungkin dengan teknik yang benar. Sehingga lomba ini bisa dibilang ekstrem karena berkaitan dengan lembing.

10. Cabol Lempar Cakram

Cabang olahraga ini memiliki teknik melempar yang berbeda dari lomba lempar lainnya. objek lemparnya juga berbeda, yaitu menggunakan cakram. Sebelum melakukan lemparan ini, atlet melakukan putaran dulu sebanyak dua kali sebelum melempar cakram sejauh mungkin.

Cabang olahraga selain di atas banyak, cuma tidak dijelaskan secara jelas karena selain sudah pasti awam atau umum untuk dikenal, cabang olahraga seperti bulu tangkis, basket, renang, dan lain sebagainya sudah terkenal.

Oleh karena itu, tetap pantau terus perkembangan cabang olahraga yang ada di dunia. Siapa tahu ada yang berubah. Itulah 10 cabang olahraga yang perlu anda ketahui. Semoga berhasil dan bermanfaat.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

yuliartiselli

About the Author: yuliartiselli

Cewek dengan bintang Taurus ini suka berpetualang dan menjelajahi dunia maupun Indonesia, apapun itu. Berpetualang mencari jati diri dan jadi diri sendiri. Suka explore sendiri. Dan untuk dunia kepenulisan, dia sudah menggeluti selama 1 tahun lebih sebagai content writer di berbagai proyek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close