Kuliah di Jurusan Pendidikan? Kenapa Tidak?

Ingin menjadi guru? Kamu bisa kuliah di jurusan pendidikan. Ini dia alasan kenapa harus memilih jurusan ini!

KAMPUS, malangpost.id – Guru adalah salah satu profesi mulia. Seperti profesi lainnya, profesi guru juga membutuhkan ilmu dan keahlian. Ilmu Keguruan dan Pendidikan adalah bidang ilmu yang bisa dipilih oleh mereka yang ingin menjadi guru.

Dengan kuliah di jurusan pendidikan, lulusannya akan dibekali berbagai keterampilan mempelajari suatu bidang studi, proses transfer ilmu yang efektif dari guru kepada murid, cara yang tepat untuk mengajar, bagaimana mengembangkan program pembelajaran di kelas, dan lainnya.

Sayangnya, tidak banyak yang memilih jurusan ilmu pendidikan sebagai pilihan utama. Tidak sedikit yang memilih jurusan ini karena tidak ada pilihan lain. Ternyata, ada alasan kenapa memilih kampus ilmu pendidikan sebagai jurusan kuliah bisa kamu pertimbangkan.

Berikut alasannya.

1. Ada banyak pilihan program studi

Seperti mahasiswa jurusan lain, mahasiswa ilmu pendidikan juga akan mendapatkan materi secara teori maupun praktek. Jurusan ini memiliki pilihan prodi yang beragam. Mahasiswa bisa memilih rumpun bahasa, seni, sains, hingga rumpun sosial.

Selain itu, Fakultas Ilmu Pendidikan pun memiliki banyak program studi yang bisa dipilih. Umumnya program studi yang dimiliki universitas keguruan mirip satu sama lain. Diantara program studi tersebut adalah Teknologi Pendidikan, Pendidikan Luar Sekolah, Pendidikan Luar Biasa (ABK), Administrasi Pendidikan, hingga Perpustakaan dan Ilmu Informasi.

Baca juga: 10 Universitas Yang Menerima Jurusan Khusus Pendidikan Luar Biasa / ABK

2. Mata kuliah beragam

Mahasiswa jurusan Keguruan dan Ilmu Pendidikan nantinya akan menguasai kemampuan untuk mengajar. Tentu saja dibutuhkan penguasaan yang baik terhadap pengetahuan yang akan diberikan.

Sejak semester awal, mahasiswa jurusan ilmu pendidikan akan diberikan mata kuliah pendidikan, seperti Dasar-dasar Pendidikan, Kurikulum dan Pembelajaran, Pengelolaan Pendidikan, hingga Micro Teaching.

Selain mempelajari materi di kelas, mahasiswa juga akan menjalani seminar dan magang menjadi guru sebagai bagian dari Praktek Pengalaman Lapangan di bagian akhir perkuliahan.

3. Profesi guru selalu dibutuhkan

Profesi guru menjadi profesi yang selalu dibutuhkan. Hal ini bisa jadi pertimbangan lain untuk memilih jurusan pendidikan. Dengan jumlah guru di Indonesia masih relatif sedikit, terutama untuk di daerah, lulusan ilmu pendidikan memiliki kesempatan kerja yang sangat luas. Selama manusia masih membutuhkan akses pendidikan, profesi mengajar dan guru akan selalu diperlukan.

4. Kesejahteraan lebih baik

Saat ini, penghargaan terhadap profesi guru semakin meningkat. Pemerintah, baik pusat maupun daerah sudah lebih memperhatikan perlunya kesejahteraan guru yang banyak berjasa dalam dunia pendidikan.

5. Peluang pekerjaan

Ini dia salah satu alasan yang bisa jadi bahan pertimbangan untuk memilih kuliah di kampus pendidikan. Lulusan ilmu pendidikan bisa bekerja di mana saja, bukan hanya menjadi guru di sekolah.

Kamu juga bisa memiliki peluang kerja di berbagai bidang dan lembaga, seperti di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau mengelola sistem pembelajaran di perguruan tinggi. Peluang karir pun tidak terbatas pada sekolah atau pendidikan formal.

Kenapa pilih jurusan ilmu pendidikan

Itulah 5 hal yang bisa jadi pertimbangan untuk memilih jurusan pendidikan sebagai jurusan kuliah. Ada banyak hal yang bisa dipelajari, begitu juga banyak peluang pekerjaan yang beragam. Kamu bisa mencari tahu dan memastikan dulu minat dan kemampuan untuk mengambil bidang apa. (ds3)

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

desi3

About the Author: desi3

Seorang 'bibiliophile' yang jatuh cinta dengan Himalaya dan fans berat warna biru.~ travel to fulfill your soul ~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close