Lewat Taman Bunga Merjosari, Pemkot Malang Bakal Tambah RTH

BALAI KOTA, Malangpost.id – Sutiaji, Wali Kota Malang beserta jajaran meninjau kemajuan pembangunan Taman Bunga Merjosari, Selasa (28/12/2021) kemarin.

Taman bunga yang saat ini dibangun pada areal eks Pasar Dinoyo seluas 1,2 hektar tersebut, diproyeksikan menambah Ruang Terbuka Hijau (RTH) publik baru di Kota Malang.

Baca Juga: Kenalkan Berbagai Jenis Anggrek, Pemkot Batu Kembali Gelar Batu Shining Orchid Week

“Tentu ini bagian dari upaya Pemkot Malang secara bertahap menjawab pekerjaan rumah dalam menambah luas RTH publik,” ungkap Sutiaji.

Baca Juga: DLH Kota Malang, Segera Percantik Taman Merjosari

Taman Bunga Merjosari berada di Jalan Mertojoyo Selatan. Tepatnya berseberangan dengan Taman Merjosari yang telah lebih dulu dibangun melalui Program Pengembangan Kota Hijau (P2KH) pada 2011 silam.

Pembangunan Taman Bunga Masuki Tahap Penyelesaian

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Wahyu Setianto mengaku, secara umum seluruh elemen telah memasuki tahap penyelesaian akhir. Bahkan progres sampai Minggu lalu sudah mencapai sekitar 95%.

“Konsep penataan Taman Bunga Merjosari menggunakan pendekatan taman bunga dengan pola geometri tradisional. Area hijau (softscape) menjadi elemen utama taman dengan proporsi sebesar 67% dari luas total area,” imbuh Wahyu.

Beberapa jenis tanaman hias dan pohon peneduh juga telah ditata rapi. Misalnya, pohon andong merah, puring, kol banda, bungur, tabebuya, kenari, flamboyan, dan ekor tupai.

Selain area bunga yang Instagramable, pengunjung nantinya juga dapat memanfaatkan area plaza, taman burung, air mancur dan sculpture yang bentuknya terinspirasi dari bentuk mahkota bunga.

Ia menambahkan, Taman Bunga Merjosari juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung operasional. Mulai dari kantor pengelola dan pusat informasi, toilet, lampu taman, bangku taman, tempat sampah, dan area parkir.

“Juga pedestrian ramah lansia yang dilengkapi rail pegangan dan material perkerasan yang tidak licin,” sambungnya.

Dalam giat tersebut juga turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Erik Setyo Santoso, ST., MT dan Plt. Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ir. Diah Ayu Kusumadewi, MT.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Wahyu

About the Author: Wahyu Setiawan

Paling hobi jalan-jalan; lebih senang baca novel; suka nonton film bergenre Adventure, Comedy, Horror, Animation, Fantasy & Romance.

1 Comment

  1. Your point of view caught my eye and was very interesting. Thanks. I have a question for you. https://accounts.binance.com/pt-PT/register?ref=UM6SMJM3

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kunjungi Alamat Baru Kami

This will close in 0 seconds